Breaking News:

PENANGANAN COVID

Pemko Tanjungpinang Data Ulang Pasien Isolasi Mandiri di Rumah, Tekan Kasus Covid

Wali Kota Tanjungpinang Rahma menyebut, pendataan ulang pasien isolasi mandiri di rumah itu untuk menekan penyebaran covid ke keluarga lainnya

Penulis: Novenri Halomoan Simanjuntak
Editor: Dewi Haryati
tribunbatam.id/Noven Simanjuntak
Pemko Tanjungpinang Data Ulang Pasien Isolasi Mandiri di Rumah, Tekan Kasus Covid. Foto Wali Kota Tanjungpinang Rahma saat memberi pengarahan 

TANJUNGPINANG, TRIBUNBATAM.id - Pemerintah Kota (Pemko) Tanjungpinang menerapkan sejumlah kebijakan untuk menekan kasus Covid-19 yang terus meroket.

Satu di antaranya, Pemko Tanjungpinang akan melakukan pendataan ulang terhadap pasien Covid-19 yang melakukan isolasi secara mandiri di rumah.

Hal itu disampaikan oleh Wali Kota Tanjungpinang, Rahma. Ia mengakui bahwa telah mengeluarkan kebijakan yang dituangkan dalam Peraturan Walikota (Perwako) Nomor 33 Tahun 2021 tentang pedoman isolasi mandiri pasien terkonfirmasi Covid-19.

"Kami sudah persiapan khusus untuk pendataan kembali bagi pasien-pasien yang isolasi mandiri di rumah," ujar Rahma, Selasa (25/5/2021).

Rahma menjelaskan, dalam Perwako tersebut diterangkan bahwa pasien yang ingin melakukan isolasi mandiri di rumah, harus sesuai persyaratan yang ada.

Baca juga: Investigasi Terbaru Covid-19 Sudutkan China, Serangkaian Teori Aneh Corona Diutarakan Beijing?

Baca juga: Seorang Lansia di Anambas Meninggal Dunia Kena Corona, Kasus Baru Tambah 6 Orang

Lebih lanjut, persyaratan itu seperti harus memiliki ventilator untuk masuknya cahaya dan udara yang memadai, memiliki kamar mandi sendiri, membuka jendela kamar secara berkala, hingga alat makan sendiri.

"Pakaian yang dipakai dimasukan ke dalam plastik yang tertutup dan tidak boleh dicampur dengan pakaian anggota lainnya, mengukur suhu badan 2 kali sehari," ujarnya.

"Kenapa ini penting? Untuk menghindari hal-hal yang tak diinginkan, sehingga penyebaran itu tidak meluas ke sekitaran keluarga terutama," terang Rahma.

Apabila saat pendataan terdapat pasien yang tidak memenuhi kriteria, akan dilakukan karantina terpadu yang ditempatkan di Hotel Lohas, Kabupaten Bintan.

"Ditempatkan di Hotel Lohas, yang telah disiapkan oleh Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau," ucapnya.

Halaman
123
Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved