Breaking News:

GERHANA BULAN

Gerhana Bulan Total Bisa Dilihat di Langit Kepri Hari Ini, Simak Kata BMKG

Prakiraan BMKG Raja Haji Fisabilillah menyebut, Kepri termasuk wilayah yang dapat melihat fenomena Gerhana Bulan Total yang akan terjadi, Rabu (26/5)

KOMPAS
Gerhana Bulan Total Bisa Dilihat di Langit Kepri Hari Ini, Simak Kata BMKG. ilustrasi gerhana bulan total 

TANJUNGPINANG, TRIBUNBATAM.id - Fenomena astronomi Gerhana Bulan Total (GBT) langka yang hanya terjadi setiap 195 tahun sekali, akan berlansung pada hari ini, Rabu (26/5/2021) petang sekira pukul 18.18 WIB. 

Fenomena yang bertepatan dengan Hari Raya Waisak ini, dapat disaksikan oleh masyarakat Indonesia di setiap wilayah masing-masing dengan waktu yang berbeda-beda, termasuk di Kepri.

Dari data rilis Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) pusat yang disampaikan BMKG Raja Haji Fisabilillah Tanjungpinang, diterangkan Kepulauan Riau termasuk dalam wilayah yang dapat melihat fenomena Gerhana Bulan Total tersebut.

"Kepulauan Riau akan berada pada garis U1 dan U2 nantinya didapati bulan sudah difase gerhana sebagian pada saat bulannya terbit. Selanjutnya, ia akan dapat mengamati gerhana hingga gerhananya berakhir," kata prakirawan Robbi A Anugrah.

Robbi menyebutkan, pada tahun 2021 terdapat sebanyak empat kali peristiwa gerhana yakni, dua kali gerhana matahari dan dua kali gerhana bulan.

Baca juga: HARI INI Ada Fenomena Alam Gerhana Bulan Total 26 Mei 2021, Waspadai Pasang Air Laut

Baca juga: Tata Cara Sholat Gerhana Bulan Total 26 Mei 2021, Durasi Gerhana 14 Menit 30 Detik

Ilustrasi Blood Moon
Ilustrasi Blood Moon (Pexels)

"Pertama Gerhana Bulan Total (GBT) 26 Mei 2021, Gerhana Matahari Cincin (GMC) 10 Juni 2021, Gerhana Bulan Sebagian (GBS) 19 November 2021 dan terakhir Gerhana Matahari Total (GMT) 4 Desember 2021," sebutnya.

Diterangkan pula, Gerhana Bulan Total yang akan terjadi hari ini merupakan anggota ke 56 dari 84 anggota pada seri Saros 121. Gerhana bulan sebelumnya yang berasosiasi dengan gerhana ini adalah Gerhana Bulan Total 16 Mei 2003.

"Adapun gerhana bulan yang akan datang yang berasosiasi dengan gerhana bulan ini adalah Gerhana Bulan Sebagian 6 Juni 2039, yang juga akan dapat diamati dari Indonesia," ujarnya.

(Tribunbatam.id/Noven Simanjuntak)

Baca juga berita Tribun Batam lainnya di Google

Berita tentang Gerhana Bulan Total

Berita tentang Kepri

Berita tentang Tanjungpinang

Penulis: Novenri Halomoan Simanjuntak
Editor: Dewi Haryati
Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved