Breaking News:

CPNS 2021

Karimun Dapat Kuota 900 Formasi CPNS dan PPPK 2021, Aunur Rafiq: Kita Kaji Dulu

Bupati Karimun Aunur Rafiq akan mengkaji kuota CPNS dan PPPK 2021 yang diberikan KemenPAN RB dan disesuaikan dengan kemampuan keuangan daerah

Penulis: Yeni Hartati | Editor: Dewi Haryati
tribunbatam.id/Yeni Hartati
Karimun Dapat Kuota 900 Formasi CPNS dan PPPK 2021, Aunur Rafiq: Kita Kaji Dulu. Foto pengambilan sumpah jabatan CPNS 2019 di Gedung Nilai Sari Karimun pada Selasa (25/5/2021) 

KARIMUN, TRIBUNBATAM.id - Penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2021 akan dibuka secara resmi pada akhir Mei 2021.

Tahun ini Pemerintah Kabupaten Karimun mendapatkan kuota 900 formasi dari Kementerian Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) untuk tenaga Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) dan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS).

Dari 900 penerimaan pegawai itu, setidaknya butuh anggaran sebesar Rp 80 miliar lebih setiap tahunnya.

Anggaran tersebut dialokasikan untuk membayar hak para pegawai, yang semuanya dibebankan kepada Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Karimun.

Bupati Karimun Aunur Rafiq menjelaskan, Pemkab Karimun telah menerima surat dari Menpan RB yang isinya tentang jatah untuk pengangkatan tenaga PPPK dan CPNS.

Baca juga: Dibuka 31 Mei, Simak Jadwal Seleksi CPNS dan PPPK 2021, Ini Syarat Pendaftarannya

Baca juga: Kisi-kisi dan Contoh Materi Soal CPNS dan PPPK 2021, Berikut Link Try Out Gratis

"Kita akan kaji dulu, untuk melihat seberapa besar kemampuan keuangan daerah. Gaji bagi 900 formasi PPPK dan tunjangan CPNS itu dibebankan kepada APBD Kabupaten," jelas Rafiq, Rabu (26/5/2021).

Ia melanjutkan, pemerintah pusat hanya membayar gaji untuk pegawai negeri.

"Sehingga total anggaran yang dibutuhkan dalam setahun bagi formasi ini mencapai Rp 80 miliar lebih," tambahnya.

Diketahui, secara aturan penggajian PPPK memang seluruhnya dibebankan kepada daerah, walaupun dapat disiasati menggunakan Dana Alokasi Umum (DAU).

Namun besar dana alokasi tersebut tidak semakin meningkat, sehingga sangat tidak memungkinkan untuk menggunakan kas daerah.

Halaman
12
Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved