Breaking News:

BATAM TERKINI

Prestasi Bea Cukai Batam, Cegah Kerugian Negara Rp 13,194 Miliar Selama April 2021

Terdapat 141 pelanggaran yang ditangani Bea Cukai Batam selama April 2021 dengan nilai seluruh barang tangkapan mencapai Rp42,24 Miliar.

Penulis: ronnye lodo laleng | Editor: Septyan Mulia Rohman
TribunBatam.id/Istimewa
BEA CUKAI BATAM - Kepala Seksi Layanan Informasi Bea Cukai Batam, Undani. Bea Cukai Batam menangani 141 pelanggaran selama periode April 2021. 

BATAM, TRIBUNBATAM.id - Bea Cukai Batam menangani 141 pelanggaran selama periode April 2021.

Adapun nilai seluruh barang tangkapan sebesar Rp 42,24 miliar, yang berpotensi merugikan Negara dengan taksiran mencapai Rp 13,194 Miliar.

Kepala Seksi Layanan Informasi Bea Cukai Batam, Undani mengatakan, sejumlah penindakan ini merupakan hasil 57 penindakan non patroli laut, 3 patroli laut, satu penindakan narkoba dan satu hasil limpahan dari instansi terkait.

"Itu untuk April 2021. Tugas sebagai community protector kami buktikan melalui serangkaian penindakan atas pelanggaran kepabeanan dan cukai," sebutnya, Kamis (27/5/2021).

Pihaknya merinci penindakan untuk April terdiri dari 21 penindakan atas pakaian, tas, sepatu, 15 pelanggaran barang ilegal termasuk minuman beralkohol.

Selanjutnya 15 pelanggaran berbagai jenis komoditi, 10 pelanggaran pornografi dan 1 pelanggaran
narkotika,” lanjut Undani.

Bea Cukai Batam tangkap KM Salwah 03 bermuatan ratusan karpet ilegal
Bea Cukai Batam tangkap KM Salwah 03 bermuatan ratusan karpet ilegal (tribunbatam.id/istimewa)

Tindak lanjut penanganan pelanggaran tersebut adalah sebagai berikut, 71 Laporan Pelanggaran yang ditindaklanjuti dengan penetapan Barang yang Dikuasai Negara (BDN).

Kemudian 9 laporan pelanggaran yang ditindaklanjuti dengan pembuatan dokumen PPFTZ-01, 4 laporan pelanggaran yang ditindaklanjuti dengan pengenaan sanksi administrasi berupa denda.

Lalu 4 laporan pelanggaran yang ditindaklanjuti dengan tahapan penyidikan di bidang Kepabeanan atau Cukai, 6 laporan pelanggaran yang ditindaklanjuti dengan Pelimpahan Perkara kepada Instansi terkait.

Untuk 51 laporan pelanggaran masih dalam proses penelitian dan penanganan perkara.

Halaman
123
Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved