Breaking News:

KINI Hadir di Batam, Begini Cara Registrasi Aktivasi Layanan 5G Telkomsel

Perangkat yang mendukung layanan Telkomsel 5G adalah perangkat dengan kemampuan teknologi 5G NSA

Tribunbatam.id/IST
Peluncuran jaringan 5G Telkomsel 

TRIBUNBATAM.id, BATAM - Setelah menerima Surat Keterangan Laik Operasi (SKLO) 5G dari Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Kominfo RI), Telkomsel secara resmi meluncurkan layanan Telkomsel 5G.

Peluncuran Telkomsel 5G sekaligus menjadi milestone penting bagi Telkomsel yang genap 26 tahun hadir melayani Indonesia tepat pada 26 Mei 2021 yang lalu.

Melalui peluncuran ini, Telkomsel juga memastikan layanan 5G sudah dapat digunakan secara komersial.

“Hadirnya 5G secara resmi di Indonesia tidak hanya menjadi milestone penting bagi Telkomsel, namun juga menjadi momentum besar bagi bangsa Indonesia dalam menyongsong masa depan yang lebihmaju dan menjanjikan berkat pemanfaatan broadband terkini yang lebih optimal.

Kami yakin, hadirnya teknologi jaringan seluler generasi kelima di Tanah Airakan membuka lebih banyak potensi kemajuan Indonesiauntuk menjadi bangsa digital yang utuh dan mampubersaing hingga di tingkat global, terutama dalamkekuatan ekonomi digital," ujar Direktur Utama Telkomsel Setyanto Hantoro.

Selain itu, Telkomsel juga akan mengoptimalkan pemanfaatan 5G untuk UMKM serta industri lintas sektor seperti kesehatan, logistik, manufaktur, pertanian, pertambangan, dan lain-lain melalui solusi yang dapat memungkinkan cara kerja baru yang dapat meningkatkan produktivitas dan inovasi.

Hadirnya jaringan dan layanan Telkomsel 5G juga merupakan konsistensi Telkomsel dalam upaya mendukung rencana strategis Kementerian Kominfo RI untuk membangun fundamental digital nasional secaralebih terstruktur dan masif.

Salah satu pondasinya yaitu dengan mendorong percepatan transformasi digital di tiga aspek, yakni masyarakat, pemerintahan, dan bisnis.

Pada tahap pertama komersialisasi 5G ini, layanan Telkomsel 5G sudah tersedia di beberapa titik di 9 kota, yang di antaranya mencakup wilayah Telkomsel Smart Office (Jakarta), GraPARI Pemuda Surabaya, GraPARI Pettarani Makassar, GraPARI Renon Bali, GraPARI Batam Center, GraPARITelkom Group Medan, GraPARI Solo, Kantor Balai Kota Solo, GraPARI Balikpapan, Telkom University (Bandung) dan Institut Teknologi Bandung.

Sedangkan terkait dengan ekosistem berupa smartphone, perangkat yang mendukung layanan Telkomsel 5G adalah perangkat dengan kemampuan teknologi 5G NSA (non-standalone) pada frekuensi 2300 MHz, di antaranya yaitu Oppo Reno 5, Huawei Mate 40, Vivo X60 dan Vivo X60 Pro.

Bagi pelanggan yang ingin menikmati layanan Telkomsel 5G, terlebih dahulu harus memastikan beberapa hal berikut:

1. Menggunakan kartu bertipe uSIM (kartu SIM 4G)

2. Berada di lokasi yang sudah terlayani jaringan Telkomsel 5G

3. Menggunakan perangkat smartphone yang telah mendukung jaringan dan layanan Telkomsel 5G, serta memastikan fitur 5G sudah aktif pada perangkat tersebut

4. Memastikan nomor ponselnya telah aktif fitur 5G

Untuk saat ini nomor ponsel sejumlah pelanggan telah diaktifkan fitur 5G secara langsung (bertambah secara bertahap).

Pelanggan juga dapat mengunjungiwww.telkomsel.com/5G untuk mengisi form registrasi aktivasi fitur 5G untuk nomor ponselnya dan memberikan aspirasi sebagai bahanpertimbangan pengembangan jaringan Telkomsel 5G.

“Peluncuran ini merupakan tahap awal dari pengembangan produk dan layanan Telkomsel 5G yang masih akan terus berjalan. Telkomsel berkomitmen untuk menghadirkan the best 5G experience, sehingga Telkomsel akan terus mendorong lebih banyak tersedianya variasi produk, layanan, dan solusi digital yang lebih inovatif dan customer-centric kepadapelanggan di seluruh nusantara.

Dengan begitu, 5G dariTelkomsel akan mendorong transformasi Indonesia menuju kedaulatan dan kemandirian digital yang utuh, sehingga manfaatnya bisa dirasakan secara nyata bagitiap elemen bangsa,” kata Setyanto menutup. (*0

Penulis: Rebekha Ashari Diana Putri
Editor: Rimna Sari Bangun
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved