Breaking News:

PROPERTI

Jual Rumah tak Laku-Laku? Begini Tips agar Cepat Laku dan Harganya Mahal

Sebelum dijual, Anda harus merenovasi beberapa bagian rumah yang rusak.

Editor: Rimna Sari Bangun
TRIBUNBATAM.id/ist
Ilustrasi rumah 

TRIBUNBATAM.id, JAKARTA - Pandemi Covid-19 yang berkepanjangan membuat banyak orang mengalami krisis keuangan. Bisnis sepi, omzet seret, tabungan terkuras, dan utang menumpuk. Mau tak mau, aset berharga dijual.

Salah satunya adalah properti, seperti hotel, vila, apartemen, rumah, hingga kontrakan. Semua itu dilakukan demi menyelamatkan keuangan, termasuk membayar utang agar keluar dari masa-masa paceklik.

Tetapi tenang saja, tidak semua orang bernasib demikian. Masih ada masyarakat yang keuangannya adem ayem di tengah pandemi. Punya banyak uang di tabungan. Mereka hanya menahan pengeluaran.

Begitu waktunya tepat, mereka akan belanja atau melakukan spending lagi, seperti membeli rumah atau properti. Nah, setelah Lebaran bisa jadi momen yang pas untuk jual beli rumah.

Buat Anda yang ingin menjual rumah pasca-Lebaran, berikut tipsnya biar laku dan harganya mahal, seperti dikutip dari Cermati.com:

Renovasi rumah

Calon pembeli enggan membeli rumah yang memiliki banyak kerusakan. Sebelum dijual, Anda harus merenovasi beberapa bagian yang rusak.

Pertama, cek semua bagian rumah Anda secara detail dan catat bagian mana saja yang membutuhkan perbaikan.

Contohnya pintu macet, plafon jebol atau bocor, keran air tidak berfungsi, dan sebagainya. Lakukan renovasi dengan bantuan satu atau dua tukang bangunan agar keseluruhan bagian rumah benar-benar ditangani dengan baik. Anda perlu merogoh kocek besar untuk renovasi mayor pada rumah.

Tetapi uang yang dikeluarkan akan sebanding dengan hasil yang akan Anda dapatkan. Rumah yang siap huni tanpa kerusakan akan lebih cepat laku dan bisa dijual dengan harga tinggi.

Halaman
123
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved