Breaking News:

bright PLN Batam Beber 9 Tips Mengurangi Tagihan Listrik Saat Berada di Rumah

Untuk membantu mengurangi tagihan listrik agar tidak naik saat dirumah, berikut 9 tips agar tagihan tidak naik versi bright PLN Batam

Penulis: Rebekha Ashari Diana Putri | Editor: Agus Tri Harsanto

BATAM, TRIBUNBATAM.id - Pandemi covid-19 di Batam masih mengalami peningkatan.

Untuk memutus rantai penyebaran, masyarakat diharapkan dapat mematuhi protokol kesehatan dan membatasi kegiatan diluar rumah.

Untuk membantu mengurangi tagihan listrik agar tidak naik saat dirumah, berikut 9 tips agar tagihan tidak naik versi bright PLN Batam :

1. Nyalakan lampu seperlunya, matikan lampu yang tidak digunakan seperti lampu teras atau taman ketika hari mulai terang. Pilihlah lampu hemat energi atau lampu LED.

2. Gunakan cahaya alami dengan membuka pintu atau jendela agar cahaya matahari dapat menerangi rumah dan sirkulasi udara lebih segar. Gunakan cat dinding berwarna terang
3. Matikan televisi, radio atau DVD atau perangkat elektronik lainnya bila tidak digunakan

4. Gunakan AC secara bijak dan pilihlau AC hemat listrik yang sesuai dengan luas ruangan. Pastikan AC dirawat secara berkala

5. Meminimalisir penggunaan mesin cuci, jangan cuci satu atau dua pakaian saja. Cucilah pakaian anda sekaligus selama tidak melebihi kapasitas.

6. Pakailah setrika dengan pengatur panas otomatis. Setrikalah pakaian sekaligus

7. Membersihkan vacum cleaner sebelum digunakan, bersihkan saringan debu secara rutin agar alat dapat bekerja maksimal

8. Gunakan air panas dari dispenser atau termos agar lebih cepat menanak nasi

9. Bijak dalam menggunakan kulkas, pilihlah kulkas sesuai dengan kebutuhan. Jangan isi kulkas terlalu penuh dan jangan taruh makanan atau minuman panas kedalam kulkas.

Itulah beberapa tips dalam menghemat tagihan listrik. Berdiam diri dirumah membuat kita selalu menggunakan alat elektronik. Oleh karena itu, bijaklah dalam pemakaian listrik. 
(TRIBUNBATAM.id/Rebekha Ashari Diana Putri)

Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved