Breaking News:

Terima Badan Siber dan Sandi Negara, Wagub Marlin: SPBE untuk Kepri yang Clean Goverment

Pemanfaatan tanda tangan elektronik ini adalah upaya kami menerapkan visi Pemprov Kepri menuju Sistem Pemerintah Berbasis Elektronik atau SPBE

Ist
Wakil Gubernur Kepri, Marlin Agustina 

TRIBUNBATAM.id - Penyelenggaraan pemerintah dewasa ini menghadapi tantangan yang memerlukan inovasi untuk penyesuaian era reformasi digital 4.0.

Karena itu Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau akan memperluas penggunaan tanda tangan elektronik untuk pengesahaan validitas dokumen-dokumen pemerintahan.

"Pemanfaatan tanda tangan elektronik ini adalah upaya kami menerapkan visi Pemprov Kepri menuju Sistem Pemerintah Berbasis Elektronik atau SPBE," ucap Wakil Gubernur Hj. Marlin Agustina saat menerima perwakilan dari Badan Siber dan Sandi Nasional (BSSN) di Ruang Rapat Utama Kantor Gubernur, Dompak, Tanjungpinang, Senin (31/5).

Implementasi SPBE merupakan wujud komitmen pemerintah dalam rangka menuju cita-cita good governance and clean governance.

Penerapan tanda tangan elektronik akan menjamin keberlangsungan pemerintah yang efektif dan efisien.

"Selain itu tanda tangan elektronik akan menjamin aspek keamanan dan kerahasiaan dokumen sehingga terasa manfaatnya dalam autentikasi penggunaan kewenangan," kata Wagub Marlin.

Wagub Marlin menerangkan bahwa sebagai tindak lanjut dari Peraturan Presiden nomor 95 tahun 2018 tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik, Pemerintah Provinsi Kepri telah mengeluarkan Peraturan Gubernur Kepulauan Riau nomor 16 tahun 2021 tentang Penyelenggaraaan Sertifikat Elektronik Pada Lingkungan Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau.

"Kedepannya untuk pengintegrasian tanda tangan elektronik di seluruh OPD, saya mendorong Diskominfo untuk mengembangkan aplikasi e-office," kata Wagub Marlin.

Wagub Marlin juga mengapresasi kesediaan Kepala Balai Sertifikasi Elektronik berserta tim yang telah berkenan memberikan materi terkait tanda tangan elektronik kepada jajaran Pemerintah Provinsi Kepri.

"Sehingga apa yang menjadi harapan kita bersama terkait dengan penyelenggaraan sertifikasi elektronik dapat terlaksana dengan baik," ucapnya.

Halaman
12
Penulis: Renhard Patrecia Sibagariang
Editor: Agus Tri Harsanto
Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved