Breaking News:

KARIMUN TERKINI

TNI AL Gagalkan Penyelundupan 13 Ton BBM Ilegal di Perairan Karimun

Danlanal TBK, Puji Basuki menyebut kapal pengangkut BBM itu diamankan TNI AL saat melintas di Pulau Tambelas Karimun. Simak pernyataannya di sini

Penulis: Yeni Hartati
Editor: Dewi Haryati
tribunbatam.id/istimewa
TNI AL Gagalkan Penyelundupan 13 Ton BBM Ilegal di Perairan Karimun. Foto KM Selat Perkasa yang ditarik KAL pada Sabtu (29/5/2021) 

KARIMUN, TRIBUNBATAM.id - TNI Angkatan Laut (AL) berhasil menggagalkan aksi penyelundupan 13 ton Bahan Bakar Minyak (BBM) ilegal yang dilakukan oknum nakal, pada Sabtu (30/5/2021).

Kini kapal pengangkut dan muatan BBM itu telah diamankan Tim Gabungan Fleet One Quick Response (F1QR) Lanal TBK dan Tim Satgas Gombolo-21 I Dispamsanal.

Seluruh minyak dibawa menggunakan sarana pengangkut KM Selat Perkasa. Menurut hasil pemeriksaan, kapal itu berasal dari Selat Panjang dengan tujuan Tanjungbalai Karimun.

Danlanal Tanjungbalai Karimun (TBK), Letkol Laut (P) Puji Basuki menjelaskan, belasan ton minyak tersebut akan diedarkan ke kapal-kapal yang beraktivitas di Perairan Karimun.

"KM Selat Perkasa ini dari Selat Panjang tujuan Tanjungbalai Karimun. Minyak diduga akan diecer ke kapal-kapal kecil," ucap Danlanal Puji Basuki.

Baca juga: VIRAL Prajurit TNI Tampar Petugas SPBU, Tolak Antre Isi BBM Gegara Terburu-buru, Dandim: Berdamai

Baca juga: Upaya Penyelundupan Baby Lobster di Batam, Tersangka Diupah Rp30 Juta Per Kotak

Ia menambahkan, berdasarkan hasil pemeriksaan didapati kapal tersebut tanpa dilengkapi dokumen-dokumen resmi atas barang muatan.

"Untuk dokumen kapal lengkap, namun dokumen angkutan BBM tidak ada," jelasnya.

Puji Basuki juga menjelaskan, penangkapan KM Selat Perkasa tersebut sejak Jumat (28/5/2021) lalu. Penyekatan dilakukan di perairan Pulau Tambelas, Pulau Babi, dan Selat Gelam.

Lebih lanjut, Tim Gabungan F1QR memantau adanya kapal kayu yang melintasi Pulau Tambelas tersebut. Kemudian menginfokan kepada KAL untuk melakukan penghentian, pemeriksaan dan penahanan (henrikhan) kapal kayu tersebut.

Sementara itu, 3 ABK kapal terkasuk nakhoda kini sudah diamankan di Mako Lanal Tanjungbalai Karimun.

Terihat juga kapal kayu pengangkut BBM sudah ditarik menggunakan KAL Pelawan dan sudah bersandar di Dermaga Lanal TBK.

(Tribunbatam.id/Yenihartati)

Baca juga berita Tribun Batam lainnya di Google

Berita tentang Karimun

Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved