Breaking News:

OTOMOTIF

Relaksasi PPnBM 0 Persen Pembelian Mobil Sudah Berakhir, Harga Toyota Avanza Bakal Naik Bulan Ini

Pada Juni, potongan harga akan berkurang seiring dengan berlakunya insentif PPnBM tahap dua hingga Agustus 2021 mendatang. 

Editor: Rimna Sari Bangun
tribunnews batam/dewi haryati
Ilustrasi. Toyota Avanza di Agung Toyota Batam. 

TRIBUNBATAM.id, JAKARTA - Pemberlakuan insentif Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) hingga nol persen untuk pembelian kendaraan bermotor yang berlaku sejak awal Maret lalu telah berakhir pada Mei 2021. 

Sedangkan pada Juni nanti, potongan harga akan berkurang seiring dengan berlakunya insentif PPnBM tahap dua hingga Agustus 2021 mendatang. 

 Pada tahap tersebut, pemerintah hanya menanggung 50 persen tarif PPnBM, sementara sisanya akan dibebankan kepada konsumen. 

Direktur Pemasaran PT Toyota Astra Motor (TAM) Anton Jimmi Suwandy mengatakan, harga resmi akan dirilis akhir Mei 2021. Termasuk untuk kenaikan harga mobil Avanza yang selama ini menjadi primadona di kelas LMPV. 

“Harga dari TAM ke diler akan disampaikan di akhir bulan Mei ini. Namun untuk OTR akan ditentukan oleh diler,” ucap Anton kepada Kompas.com beberapa waktu lalu. 

Sementara itu, tenaga penjual Toyota di Jakarta Timur mengatakan akan ada penyesuaian harga mulai bulan depan untuk kategori mobil yang menerima diskon PPnBM. 

“Juni ada kenaikan harga, mengikuti perubahan PPnBM jadi 50 persen. Estimasi kenaikan Rp 10 juta,” ujar tenaga penjual tersebut, Sabtu (30/5/2021). 

Hal serupa juga diungkapkan oleh salah satu tenaga penjual Toyota di Jakarta Barat. “Kenaikan harga Toyota Avanza belum keluar, kenaikan harganya sekitar Rp 8 jutaan sampai Rp 10 jutaan. Awal Juni nanti kita informasikan,” kata dia.

Inden melonjak

PT Toyota Astra Motor (TAM) membenarkan adanya inden sejumlah model yang mendapatkan relaksasi PPnBM hingga satu bulan hingga empat bulan. Adapun hal ini merupakan dampak dari peningkatan permintaan sementara pasokannya tidak bisa serta merta dapat ditingkatkan. 

Halaman
12
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved