Breaking News:

VIRUS CORONA DI BATAM

Varian Baru Covid-19 B117 Masuk Batam, Satu Orang Terpapar, Ada Temuan Lagi?

Varian baru covid-19 B117 ditemukan pada hasil sampel seorang warga Batam pada 23 Mei 2021.BTKLPP Batam menyebut, setelah itu belum ada temuan baru

TribunBatam.id/Istimewa
Varian Baru Covid-19 B117 Masuk Batam, Satu Orang Terpapar, Ada Temuan Lagi? Foto Kepala Balai Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BTKL-PP) Kelas I Batam, Budi Santoso 

BATAM, TRIBUNBATAM.id - Varian baru Covid-19, B117 asal Inggris ditemukan di Batam belum lama ini.

Seorang warga Batam terjangkit virus B117 itu berdasarkan hasil pemeriksaan sampel pada tanggal 23 Mei 2021.

Setelah temuan itu, Kepala Balai Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BTKLPP) Kelas I Batam, Budi Santoso, mengakui belum ada temuan kasus baru yang melibatkan varian baru virus Corona B117 di Batam.

"Baru satu orang yang kami temukan varian virus Corona B117 di sampelnya," ungkap Budi dihubungi pada Selasa (1/6/2021).

Sampel-sampel yang masuk ke BTKLPP Batam memang diseleksi lebih lanjut. Seleksi dilakukan dengan melihat nilai CT pada sampel, apabila nilai CT berada di angka 29 ke bawah, maka sampel tersebut akan dikirim ke Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (Balitbangkes) Kemenkes RI.

Saat ini BTKLPP Batam tengah mengumpulkan sampel-sampel yang memiliki nilai CT di bawah 29. Apabila sudah cukup terkumpul, sampel-sampel tersebut akan segera dikirim ke Balitbangkes Kemenkes RI untuk menjalani tes Whole Genome Sequencing (WGS) yaitu tes pemetaan varian Covid-19.

"Kami sudah kumpulkan sampel, kalau sudah dianggap cukup, kami kirim ke Balitbangkes," ujar Budi.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Batam, Didi Kusmarjadi mengatakan, untuk mengetahui adanya temuan varian baru Covid-19 harus menunggu hasil pemeriksaan dari Balitbangkes Kemenkes RI.

"Untuk cek temuan varian baru ini harus ke Litbangkes, Jakarta," ujarnya singkat.

Waspada Dua Varian Baru Covid-19 Masuk Kepri

Halaman
1234
Penulis: Hening Sekar Utami
Editor: Dewi Haryati
Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved