Breaking News:

Bos Gerai Mr D.I.Y Jadi Orang Kaya Baru Malaysia Geser Pendiri AirAsia

Dua bersaudara yang merupakan orang dibalik Mr. D.I.Y Group dinobatkan menjadi orang terkaya ke-10 dengan kekayaan bersih 2,7 miliar dollar AS.

Bos Gerai Mr D.I.Y Jadi Orang Kaya Baru Malaysia Geser Pendiri AirAsia
foto facebook
Bos Mr. D.I.Y Tan Yu Yeh & Yu Wei

TRIBUNBATAM.id, KUALA LUMPUR - Pandemi Covid-19 membuat ekonomi Malaysia lesu bahkan mencatat kontraksi 5,6 persen pada tahun 2020.

Namun orang-orang kaya di seluruh dunia seolah tak terdampak pandemi, tak terkecuali para taipan dari Negeri Jiran Malaysia.

Mengutip Forbes, Kamis, (3/6/2021), kekayaan kolektif para taipan naik 14 persen menjadi hampir 90 miliar dollar atau Rp 1.287 triliun (kurs Rp 14.300 per dollar AS) tahun ini.

Harta 50 orang paling kaya tersebut melonjak dari sebelumnya di kisaran 79 miliar dollar AS setahun lalu. Padahal pandemi Covid-19 sudah memorak-porandakan ekonomi hingga -5,6 persen tahun 2020. 

Sejumlah nama memang langganan masuk dalam daftar orang terkaya versi Forbes. Tapi menariknya, ada 5 pendatang baru dalam daftar orang kaya tahun ini.

Salah satu di antaranya adalah duo Tan Yu Yeh dan Yu Wei dari Mr D.I.Y. Group. Dua bersaudara yang merupakan orang dibalik Mr. D.I.Y Group dinobatkan menjadi orang terkaya ke-10 dengan kekayaan bersih sebesar 2,7 miliar dollar AS atau setara dengan Rp 38,62 triliun.

Empat pendatang baru lainnya adalah Tan Eng Kee, Ng Chai Eng, Lau Chee Kheong, dan Steven Siaw Kok Teng.

Semuanya industri milik 4 taipan ini berbasis di Penang, sebuah wilayah yang menjadi pusat teknologi super sibuk. Penang diuntungkan dari konflik geopolitik perdagangan AS-China. Berkat konflik tersebut, perusahaan-perusahaan global berusaha mendiversifikasi rantai pasokan di berbagai wilayah selain China.

Baca juga: Bitcoin Bikin Miliader Muda Banyak Bermunculan, Ada yang Beraset Rp 42 Triliun

Tan Eng Kee masuk dalam daftar ke-22 dengan kekayaan 965 juta dollar AS. Dia adalah salah satu pendiri Greatech Technology, pembuat pabrik peralatan otomatisasi. Sementara Ng Chai Eng masuk ke peringkat 37 dengan total kekayaan bersih mencapai 450 juta dollar AS.

Dua lainnya, yakni Lau Chee Kheong masuk pada posisi ke-38 dengan nilai kekayaan bersih 445 juta dollar AS), dan Siaw Kok Teng di posisi ke-49 dengan kekayaan bersih 325 juta dollar AS. Law Chee Kheong merupakan salah satu pendiri perusahaan jasa teknik UWC, sementara Steven Siaw Kok adalah salah satu pendiri ViTrox, pembuat sistem inspeksi mesin presisi tinggi.

Halaman
123
Editor: Rimna Sari Bangun
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved