Breaking News:

HAJI 2021

1 Calon Haji di Lingga Meninggal Sebelum Berangkat, Total 43 Orang Batal ke Tanah Suci

Kementerian Agama Lingga menyebut, dari 43 CJH yang mestinya berangkat haji, ada satu orang meninggal dunia tahun 2020, dan digantikan anaknya

Penulis: Febriyuanda
Editor: Dewi Haryati
tribunbatam.id/istimewa
1 Calon Haji di Lingga Meninggal Sebelum Berangkat, Total 43 Orang Batal ke Tanah Suci. Foto sejumlah calon jemaah haji melakukan vaksinasi covid-19 di Puskesmas Dabo Lama, Kecamatan Singkep, Kabupaten Lingga, beberapa waktu lalu 

LINGGA, TRIBUNBATAM.id - Sebanyak 43 Calon Jemaah Haji (CJH) di wilayah Kabupaten Lingga, Provinsi Kepulauan Riau, batal menunaikan ibadah haji 2021.

43 calon haji itu kembali batal menunaikan ibadah haji sejak tahun 2020, dan telah melakukan pelunasan pembayaran.

Pembatalan keberangkatan tahun ini menyusul keluarnya Surat Keputusan (SK) Menteri Agama Republik Indonesia, Nomor 660 Tahun 2021 tentang Pembatalan Keberangkatan Jemaah Haji Tahun 2021.

Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama (Kemenag) Lingga, Muhammad Sardi mengatakan, 43 CJH tersebut tidak melakukan pengajuan pengembalian biaya penyelenggaraan ibadah haji pada tahun lalu.

Hingga di tahun ini pun, Sardi mengungkapkan, belum ada yang melakukan pengajuan.

Baca juga: Menanti 8 Tahun, Maizun Menangis Batal Berangkat Haji 2020, Kini Batal Lagi

Baca juga: 2 Calon Haji di Tanjungpinang Meninggal Sebelum Berangkat, 234 Lainnya Batal ke Tanah Suci

"Jadi, sesuai dengan keputusan Menteri Agama, bagi yang ingin mengambil sisa pelunasan bisa diajukan ke Kemenag, dengan melengkapi berkas," kata Sardi kepada TribunBatam.id, Sabtu (5/6/2021) sore.

Sardi mengungkapkan, mendengar kabar pembatalan keberangkatan dari pemerintah, banyak jemaah yang kembali merasa kecewa dan bersedih hati. Lantaran sudah 2 kali gagal berangkat ke Tanah Suci.

"Untuk calon jemaah haji sudah ada yang meninggal satu orang untuk berangkat tahun lalu, dan sekarang anaknya yang menggantikan. 

Jadikan anaknya mengatasnamakan ibunya, karena ayahnya yang meninggal," ungkapnya

"Mudah-mudahan ibadahnya sampailah kepada ibunya," sambungnya.

Halaman
12
Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved