Breaking News:

ASET KRIPTO

Bikin Tweet Perpisahan, Elon Musk Kembali Jungkalkan Harga Bitcoin

Elon Musk mengeluarkan tweet samar yang mengisyaratkan perpisahan dengan kripto dengan kapitalisasi terbesar di dunia itu.

Hypebeast via Kompas.com
CEO Tesla, Elon Musk 

TRIBUNBATAM.id, JAKARTA -  Cuitan CEO Tesla Elon Musk kembali membuat harga Bitcoin anjlok pada Jumat (4/6/2021).

Elon Musk mengeluarkan tweet samar yang mengisyaratkan perpisahan dengan kripto dengan kapitalisasi terbesar di dunia itu. Musk men-tweet tanda pagar Bitcoin dengan logo kripto itu dan emoji patah hati serta gambar yang menunjukkan pasangan di tengah perpisahan.

Komunitas kripto menganggapnya sebagai tanda Musk menjauhkan diri dari Bitcoin, yang menyebabkan harga kripto paling tua di muka Bumi itu jatuh.

Harga Bitcoin turun mencapai posisi terendah pada Jumat (4/6/2021) di 35.593,79 dollar AS per unitnya dan membalikkan reli pada Kamis (3/6/2021) yang sempat menyentuh level 39.200 dollar AS per unitnya.

"Penembusan yang gagal bukanlah pertanda baik," kata CEO Delta Exchange Pankaj Balani kepada CoinDesk.  "Kita bisa melihat penurunan yang lebih dalam jika kisaran baru-baru ini tembus ke bawah," lanjut dia.

Harga Bitcoin terjungkal 35 persen bulan lalu setelah Tesla menghapus mata uang kripto itu sebagai alat pembayaran, dengan alasan masalah lingkungan.

Langkah ini menghancurkan harapan untuk adopsi kripto secara luas oleh produsen mobil listrik tersebut. Kicauan terbaru Musk bisa semakin memperkuat ketakutan itu.

SEbelumnya, Cathie Wood, pendiri Ark Investment Management, mengatakan, Elon Musk dan "gerakan lingkungan, sosial, dan pemerintahan (ESG)" bertanggungjawab atas penurunan harga Bitcoin baru-baru ini.

Menurut investor asal Amerika Serikat ini, Bitcoin, yang telah kehilangan hingga 50% nilainya dalam beberapa minggu terakhir, telah mendapat tekanan dari investor institusional yang prihatin dengan profil lingkungannya.

 “Itu dipicu oleh gerakan ESG dan gagasan ini, yang diperburuk oleh Elon Musk, ada beberapa masalah lingkungan nyata dengan penambangan Bitcoin,” kata Wood dalam CoinDesk’s Consensus 2021, Kamis (27/5).

Halaman
12
Editor: Rimna Sari Bangun
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved