Breaking News:

Puting Beliung di Coastal Area Bikin Heboh Warga

Warga Karimun diebohkan dengan terjadinya fenomena angin puting beliung di laut Coastal Area Sabtu (5/6/2021).

ist
Warga Karimun diebohkan dengan terjadinya fenomena angin puting beliung di laut Coastal Area Sabtu (5/6/2021). 

KARIMUN, TRIBUNBATAM.id - Warga Karimun diebohkan dengan terjadinya fenomena angin puting beliung di laut Coastal Area Sabtu (5/6/2021).

Meskipun terlihat membahayakan, namun sebagian masyarakat justru mengabadikan dengan sebuah video berdurasi singkat dan di upload di sosial media.

Video tersebut bermula saat terjadinya angin puting beliung yang di sertai hujan deras.

Salah satu seorang pedagang yang melihat fenomena tersebut, Umai mengungkapkan, kejadian tersebut sangat terlihat jelas.

"Lumayan besar pusaran anginnya tadi siang, kami yang berada di pelabuhan dengan jelas melihat dan sempat waspada ketakutan" ujar Umai salah seorang pedagang di pintu Pelabuhan Domestik Tanjungbalai Karimun.

Sementara itu, Prakirawan Cuaca BMKG Karimun, Tito Praditaputra menjelaskan, bahwa fenomena angin puting beliung di laut itu, juga disebut waterspout.

"Waterspout merupakan fenomena pusaran angin yang terjadi di daerah lautan, apabila terjadi di daratan biasanya kita melihat puting beliung, sedangkan di lautan akan menjadi waterspout," jelas Tito, pada Minggu (6/6/2021).

Ia menjelaskan, kejadian tersebut, disebabkan karena adanya pertemuan antara 2 angin yang memiliki kecepatan tinggi namun dalam arah yg berlawanan di dalam awan cumulonimbus, sehingga terbentuklah bentuk pusaran angin.

Kepala BMKG Tito Praditaputa, mengimbau kepada masyarakat untuk dapat menjauhi tempat terjadinya waterspout tersebut.

"Dengan begitu, kita mengimbau agar masyarakat dapat menjauhi daerah tempat terjadinya waterspout, karena pada daerah tersebut terjadi angin yang cukup kencang," pungkasnya.(yen)

Penulis: Yeni Hartati
Editor: Agus Tri Harsanto
Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved