Breaking News:

BATAM TERKINI

Dijanjikan Gaji Rp 4,5 Juta di Malaysia, 30 PMI Ilegal Justru Berurusan dengan Polisi

Para pelaku menjanjikan kepada para korban nantinya jika telah bekerja di Malaysia akan mendapatkan upah sebesar Rp 3 juta hingga Rp 4,5 juta.

ISTIMEWA
Subdit IV Renakta Ditreskrimum Polda Kepri menggagalkan pengiriman puluhan pekerja migran (PMI) secara ilegal ke Malaysia dari Bintan, Kepri, Minggu (6/6/2021) malam. 

BATAM, TRIBUNBATAM.id - Subdit IV Renakta Ditreskrimum Polda Kepri mengamankan 30 orang Pekerja Migran Indonesia (PMI) Ilegal di Tanjunguban, Bintan Kepulauan Riau.

Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Kepri Kombes Pol Arie Dharmanto mengatakan bahwa kedua pelaku yang diamankan itu yakni Samsul Hadi (48) dan Far alias Hafis.

Keduanya diamankan di lokasi yang sama dengan ditemukannya 30 orang calon PMI ilegal di Kampung Simpangan Kilometer 16 di Jalan Tanjung Uban, Senin (7/6/2021) dini hari.

"Tersangka melakukan penampungan dan pengurusan hingga pemberangkatan PMI ke luar negeri tanpa dilengkapi dokumen resmi dan melalui pelabuhan ilegal atau tikus, dengan iming-iming mendapatkan gaji yang besar,"  ujar Arie.

Arie mengatakan para pelaku menjanjikan kepada para korban nantinya jika  telah bekerja di Malaysia akan mendapatkan upah sebesar Rp 3 juta hingga Rp 4,5 juta.

Baca juga: JADWAL Kapal dari Pelabuhan Karimun, Senin 7 Juni 2021, Calon Penumpang Harus Bebas Covid-19 

Arie mengatakan dari kedua tangan pelaku pihaknya juga mengamankan berbagai barang bukti.

"Uang sejumlah Rp 7,8 juta, sebuah HP Samsung a50s warna hitam, HP Nokia RM 1134 warna hitam, Buku catatan PMI yang telah di kirim ke Negara Malaysia, Tiket boarding pass calon PMI sejumlah 2 (dua) tiket dan surat keterangan pemeriksaan covid sebanyak 2 (dua) lembar," ujar Arie.

Saat ini para pelaku serta korban telah diamankan di Mapolda Kepri untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Sebelumnya diberitakan, Subdit IV Renakta Ditreskrimum Polda Kepri menggagalkan pengiriman puluhan pekerja migran (PMI) secara ilegal ke Malaysia dari Bintan, Kepri, Minggu (6/6/2021) malam.

Sebanyak 30 orang PMI ilegal berhasil diselamatkan oleh polisi.

Halaman
12
Penulis: Alamudin Hamapu
Editor: Tri Indaryani
Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved