Breaking News:

Gerakan Nasional Literasi Digital 2021, Ajak Pelaku Usaha Berbisnis di Marketplace

Marketplace menjadi kunci dalam menyelamatkan bisnis diera serba digital seperti saat ini.

kompas.com
Ilustrasi bisnis digital yang menjadi alternatif pelaku usaha untuk menjalankan bisnisnya. 

TRIBUNBATAM.id, BATAM - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mengadakan kegiatan literasi digital. Kegiatan ini dihelat di 77 Kota dan Kabupaten se-area Sumatera II mulai dari Aceh sampai Lampung dengan jumlah peserta sebanyak 600 orang.

Di Kepri sendiri, Gubernur Provinsi Kepulauan Riau, Dr. H. Ansar Ahmad S.E, M.M juga turut hadir sebagai pembicara utama.

Tujuan kegiatan ini untuk mengedukasi dan mewujudkan masyarakat agar paham akan literasi digital lebih dalam dan menyikapi secara bijaksana dalam menggunakan digital platform.

Kegiatan tersebut ditujukan kepada ASN, TNI-Polri, Orang Tua, Pelajar, Penggiat Usaha, Pendakwah dan sebagainya.

Empat kerangka digital yang akan diberikan dalam kegiatan tersebut antara lain ialah Digital Skill, Digital Safety, Digital Ethic dan Digital Culture dimana masing masing kerangka mempunyai beragam tema.

Diera serba digital seperti saat ini seluruh lini kegiatan bergerak kearah digital termasuk bisnis.

Bisnis digital saat ini berkembang cukup pesat, contohnya e commerce.

Bisnis yang sedang berkembang di era digital antara lain Fintech (Financial Technology), Pembuatan Software, Cloud Storage, dan On Demand Service seperti Gojek dan Grab.

Dengan adanya validasi digital, kita akan dapat mengetahui apakah produk atau jasa yang dipasarkan memiliki potensi untuk berkembang lebih baik melalui toko online. 

Brand voice adalah kunci untuk berkomunikasi dengan pelanggan dan membangun kepercayaan mereka terhadap bisnis kita, menemukan channel pemasaran yang tepat, own media, paid media atau earned media dimana masing masing mempunyai perbedaan dalam manfaat, mengelola customer services digital.

"Maka CX adalah solusinya. CX merupakan Customer Experience atau CX merujuk pada pengalaman konsumen saat berinteraksi dengan brand, dan di era digital," papar Pradana Fitra Zumario selaku SEO & Content Specialist.

Kendati demikian, marketplace menjadi kunci dalam menyelamatkan bisnis diera serba digital seperti saat ini.

Fungsi dan manfaat market place sendiri antara lain sebagai wadah dimana para pembeli berkumpul, sebagai penghubung antara pembeli dengan penjual, sebagai relasi antar pedagang dengan pedagang lain, sebagai salah satu sarana promosi tanpa adanya pungutan biaya.

"Selain itu, solusi lainnya ialah pemanfaatan digital marketing. Pasalnya, digital marketing dapat membantu dalam penargetan yang efektif, menjangkau target yang luas, menganalisa lanjut untuk penargetan berikutnya, meningkatkan brand awareness," papar Muhammad Ardiansyah selaku Lecturer of Information System Study Program, Universitas International Batam. (*)

Penulis: Rebekha Ashari Diana Putri
Editor: Rimna Sari Bangun
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved