Breaking News:

Biaya Tes GeNose di Kepri Jadi Rp 30 Ribu, Berlaku di 7 Pelabuhan Mulai 10 Juni 2021

Biaya tes GeNose di 7 pelabuhan di Kepri turun dari Rp 40 ribu jadi Rp 30 ribu. Harga baru ini mulai berlaku besok, Kamis, 10 Juni 2021

Penulis: Endra Kaputra | Editor: Dewi Haryati
tribunbatam.id/Endra Kaputra
Biaya Tes GeNose di Kepri Jadi Rp 30 Ribu, Berlaku di 7 Pelabuhan Mulai 10 Juni 2021. Foto antrean penumpang yang akan melakukan tes GeNose di Pelabuhan SBP Tanjungpinang, Rabu (9/6/2021) 

TANJUNGPINANG, TRIBUNBATAM.id - Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), TS Arif Fadillah menyampaikan bahwa upaya Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kepri untuk meminta biaya tes GeNose turun akhirnya membuahkan hasil.

"Alhamdulillah sudah disetujui, dan saya telah terima suratnya hari ini, dan tinggal tindak lanjut saja. Saya sudah minta Pak Tjetjep untuk cek lanjutannya," ujarnya, seusai menghadiri rapat paripurna di DPRD Kepri, Rabu (9/6/2021).

Arif mengatakan, upaya ini juga menjadi harapan Gubernur dan Wakil Gubernur Kepri dalam menghidupkan gairah pariwisata.

"Kita ingin travel buble bisa berjalan. Upaya yang lain sedang terus dilakukan tentu mendorong vaksin kepada masyarakat, dan target vaksinasi tercapai," ujarnya.

Dikonfirmasi, Kepala Layanan Kimia Farma Tanjungpinang, Arum Asfrindawati membenarkan, penurunan biaya tes GeNose telah disetujui. Dari semula Rp 40 ribu menjadi Rp 30 ribu.

Baca juga: Kantong GeNose Habis, KM Kelud Molor 1 Jam di Pelabuhan Batu Ampar Batam

Baca juga: Kasus Pemalsuan Surat Hasil Tes GeNose di Batam, Ini Tanggapan GM BUBU Hang Nadim

"Ya benar, per tanggal 10 Juni nanti sudah berlaku harga barunya Rp 30 ribu," ujarnya membenarkan.

Lantas harga baru ini berlaku dimana saja?

"Kalau dari kami itu di Pelabuhan SBP Tanjungpinang, Pelabuhan Sri Bayintan Kijang, ASDP Punggur dan Tanjunguban, Pelabuhan Sekupang, Pelabuhan Harbourbay, dan Pelabuhan Karimun," ucapnya.

Anggota Dewan Minta Biaya Tes GeNose Diturunkan

Sebelumnya diberitakan, Anggota DPRD Kota Tanjungpinang, Reni mengatakan, pihaknya telah meminta kepada pihak Kimia Farma selaku penyedia tes GeNose di Pelabuhan Sri Bintan Pura (SBP) Kota Tanjungpinang untuk menurunkan biaya tes GeNose.

Selain permintaan dari Gubernur Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) melalui pemberitaan media, lanjut Reni, hal itu juga didasari dari keluhan masyarakat kepada pihaknya.

"Iya sudah kita sampaikan pada saat rapat bersama pihak Pelindo dan pihak Kimia Farma pada Jumat lalu di Pelabuhan SBP," terangnya saat dikonfirmasi, Senin (7/6/2021)

Reni menilai, di tengah situasi ekonomi masyarakat akibat dampak pandemi Covid-19 hari ini, langkah upaya untuk mengurangi harga tes GeNose dalam mengakses transportasi perlu dilakukan.

"Harga saat ini masih Rp 40 ribu. Kita tidak mematok harga, hanya kalau bisa dilakukan pengurangan harga. Saat ini kita sedang menunggu penentuan harga secara nasional dari Kimia Farma yang notabene BUMN," ujar Reni.

Selain itu hal penting lainnya menurut Reni adalah kepastian proses serta hasil pengecekan kesehatan calon penumpang di pelabuhan.

"Yang penting juga penumpang dicek dulu sebelum naik ke kapal baik hasil GeNose/antigen/pcr sesuai SE Gubernur dan upayakan tidak terjadi penumpukan saat pendaftaran," ujarnya.

(Tribunbatam.id/Endra Kaputra/Noven Simanjuntak)

Baca juga Berita Tribun Batam lainnya di Google

Berita tentang Tanjungpinang

Sumber: Tribun Batam
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved