Breaking News:

Truk Sampah di Batam Pakai Armada Tua

Kepala Bidang Persampahan Dinas Lingkungan Hidup Batam, Faisal Novrieco mengaku, keterbatasan armada pengakutan sampah menjadi salah satu kendala saat

Editor: Agus Tri Harsanto
tribunbatam
Foto Mobil Pengangkut sampah di TPS Simpang Batuaji Baru.. Foto ilustrasi 

BATAM, TRIBUNBATAM.id -  Kepala Bidang Persampahan Dinas Lingkungan Hidup Batam, Faisal Novrieco mengaku, keterbatasan armada pengakutan sampah menjadi salah satu kendala saat ini.

Dampak kekurangan mobil, banyak armada pengakutan sampah berusia tua yang masih dioperasionalkan untuk mengangkut sampah.

"Untuk pengadaan armada baru tetap kita usulkan setiap tahun. Termasuk pengadaan bin kontainer juga," katanya Rabu (9/6/2021).

Faisal menyebutkan, pengadaan armada truk pengakutan sampah yang bersumber dari APBD Batam terakhir kali dianggarkan pada tahun 2017 lalu.

Ada sebanyak tiga unit yang dianggarkan. Setelah itu tahun 2018, 2019 dan 2020 tidak ada penambahan armada baru pengakutan sampah dari APBD.

"Tahun 2017 itu ada tiga truk amrol yang dibeli dari APBD. Kemudian tahun 2020 kita dapat bantuan dari pusat berupa lima truk dan empat mobil pickup. Itupun peruntukan buat di lokasi wisata," ungkap Faisal.

Kondisi inilah yang membuat pihaknya tetap mengoperasikan armada truk yang berusia tua ini.

Selain biaya yang harus dikeluarkan tinggi. Pengoperasian armada tua ini juga kerap bermasalah. Lantaran performanya tidak sama dengan truk baru, rusak dan sering keluar masuk bengkel (maintenance). 

"Kita sudah berbuat maksimal. Untuk 58 armada itu tetap kita operasionalkan. Hanya saja ada yang lagi maintenance atau perbaikan. Jadi tak semua," ungkap Faisal.

Disinggung mengenai tahun 2021 ini, ia mengaku ada penambahan 5 unit truk amrol sampah.

Halaman
12
Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved