Breaking News:

Pangkas Jumlah Armada, Pesawat Garuda yang Siap Terbang Kini Hanya 53 Pesawat

Penggunaan armada pesawat selama masa pandemi disesuaikan dengan kondisi market dan demand layanan penerbangan.

Ist
Ilustrasi pesawat Garuda Indonesia. Pihak manajemen mengurangi jumlah armada yang beroperasional hanya 53 pesawat saja. 

TRIBUNBATAM.id,  JAKARTA - Maskapai Garuda Indonesia mengurangi jumlah armada pesawat yang beroperasi dari ratusan kini menyusut hanya 53 pesawat saja.

Dalam keterbukaan informasi yang disampaikan manajemen Garuda Indonesia hari ini, Kamis (10/6/2021), berkurangnya jumlah armada Perseroan sejalan dengan penyesuaian aturan operasional penerbangan.

Antara lain penyesuaian/pengurangan frekuensi penerbangan hingga optimalisasi penggunaan armada untuk rute padat penumpang, serta penggunaan armada pesawat dalam penerbangan selama masa pandemi juga turut memperhatikan tingkat isian dari angkutan Cargo.

“Penggunaan armada pesawat selama masa pandemi disesuaikan dengan kondisi market dan demand layanan penerbangan, khususnya berkaitan dengan diberlakukannya beberapa kebijakan pembatasan pergerakan masyarakat,”ucap Manajemen Garuda Indonesia dalam keterangan yang dikutip, Kamis (10/6/2021).

“Jumlah armada yang dioperasikan selama masa pandemi berkurang sehingga yang saat ini dioperasikan untuk mendukung operasional perusahaan ada pada kisaran 53 pesawat,” sambungnya.

GIAA dalam keterbukaan informasinya menyatakan berkomitmen menjaga kondisi pesawat yang dioperasikan laik terbang (airworthy).

Kepastian kondisi pesawat layak mengacu pada peraturan penerbangan yang telah disahkan oleh Direktorat Kelaikudaraan dan Pengoperasian Pesawat Udara (DKUPPU) Kementerian Perhubungan.

Untuk pesawat yang dalam kondisi tidak dioperasikan, maka pemeliharaan tetap dilakukan.

Yaitu dengan perawatan prolong dan/atau perawatan berkala dengan mengacu pada dokumen program perawatan yang diterbitkan oleh pabrikan pesawat atau mesin yang telah disahkan oleh DKUPPU Kementerian Perhubungan.

Komentar Kementerian BUMN Soal Pesawat Grounded

Halaman
12
Editor: Rimna Sari Bangun
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved