Breaking News:

Wacana Jasa Pendidikan Kena PPN, Ini Reaksi Kepsek dan Wali Murid di Tanjungpinang

Pemerintah berencana menarik Pajak Pertambahan Nilai (PPN) untuk jasa pendidikan atau sekolah. Simak tanggapan kepsek dan wali murid di Tanjungpinang

TRIBUNBATAM.ID/ELHADIF PUTRA
Wacana Jasa Pendidikan Kena PPN, Ini Reaksi Kepsek dan Wali Murid di Tanjungpinang. Ilustrasi siswa belajar di sekolah 

TANJUNGPINANG, TRIBUNBATAM.id - Pemerintah berencana menarik Pajak Pertambahan Nilai (PPN) untuk jasa pendidikan atau sekolah.

Hal itu tertuang dalam Draf Revisi Undang-Undang Nomor 6 tahun 1983 tentang Ketentuan Umum dan Tata Cara Perpajakan (RUU KUP) yang diterima Tribunnews.com, Kamis (10/6/2021).

Pada draf RUU KUP, tepatnya pada Pasal 4A ayat (3), jasa pendidikan yang sebelumnya termasuk dalam kategori jasa yang tidak dikenai PPN, kini dihapuskan.

Bagaimana reaksi di lapangan?

Dimintai tanggapannya, seorang Kepala Sekolah di Tanjungpinang, Sumiati mengatakan, belum ada penjelasan resmi atas wacana tersebut.

Baca juga: Sri Mulyani Tak Menduga Draf PPN Sembako Bocor ke Publik, Buruh: Ini Sifat Kolonialisme Penjajah

Baca juga: Tak Hanya Sembako, Pemerintah Juga Berencana Mengenakan Tarif PPN pada Sekolah

"Belum ada penjelasan soal PPN sekolah," tulis Kepala Sekolah Yos Sudarso di Tanjungpinang dalam pesan whatsApp-nya, Jumat (11/6/2021).

Ia hanya menyebutkan, bila wacana tersebut cenderung membebani dan pihak yang terdampak ialah orang tua murid. Karena itu, perlu ditinjau kembali.

"Kalau akhirnya beban tambah ke orang tua murid, tentu perlu ditinjau kembali ya. Saya perlu memahami lebih dalam dulu. Soalnya belum ada penjelasan resmi mengenai hal itu," sebutnya.

Sementara itu, seorang wali murid di Tanjungpinang, Juliawati mengatakan, di masa pandemi saat ini jangan lagi ada wacana yang ujung-ujungnya membebani orang tua murid.

"Kalau orang tua murid ekonominya menengah ke atas mungkin santai saja. Bagaimana dengan yang di bawah? Buat makan saja udah pas-pasan," katanya.

Halaman
12
Penulis: Endra Kaputra
Editor: Dewi Haryati
Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved