Breaking News:

Beroperasi 25 Tahun di Batam, Ini yang Sudah Dilakukan ATB untuk Batam

PT Adhya Tirta Batam (ATB) merupakan perusahaan yang berkomitmen memberikan kinerja terbaik.

Penulis: Renhard Patrecia Sibagariang | Editor: Tri Indaryani
Ist
Teknologi SPARTA Smart Solution ATB menjadi solusi menekan angka kehilangan air di Batam hingga 14 persen. Capaian ini berdampak terhadap efisiensi pengelolaan cadangan air baku Batam yang terbatas. 

BATAM, TRIBUNBATAM.id – PT Adhya Tirta Batam (ATB) merupakan perusahaan yang berkomitmen memberikan kinerja terbaik.

Hal ini dibuktikan perusahaan selama diberi kepercayaan untuk mengelola air bersih di pulau Batam sejak tahun 1995 hingga 2020.

ATB mengarahkan seluruh sumber daya terbaiknya agar mampu menghasilkan pelayanan air terbaik. Kinerja optimal ini ternyata mampu membuat Batam mendapat predikat sebagai kota dengan layanan air terbaik di Indonesia.

Lantas, apa saja yang telah dilakukan oleh ATB selama beroperasi di Batam, hingga mampu membawa Batam mendapatkan predikat prestisius tersebut?

Salah satunya adalah keberhasilan ATB menekan angka kehilangan air hingga 14 persen. Hal ini merupakan prestasi tersendiri, mengingat angka kehilangan air masih menjadi momok paling menakutkan yang belum kunjung mampu ditaklukan oleh PDAM di Indonesia.

Dari hasil penilaian kinerja PDAM yang dilakukan BPPSPAM tahun 2018 terhadap 374 PDAM, baru sekitar 57 persen atau 223 perusahaan berkinerja sehat. Sisanya 25 persen kurang sehat, 13 persen sakit dan 17 PDAM atau 5 persen belum dinilai kinerjanya.

Salah satu aspek yang sangat memengaruhi adalah tingkat kebocoran air. BPPSPAM merilis, tingkat kebocoran PDAM di seluruh Indonesia pada tahun 2018 rata-rata sebesar 33,16 persen. Padahal tahun 2015, angka kebocoran adalah 32,47 persen. Peningkatan terus terjadi pada 2017 hingga mencapai 32,80 persen.

“Tentu butuh komitmen dan kerja keras yang luar biasa agar ATB mampu mencapai prestasi tersebut,” ujar Head of Corporate Secretary ATB, Maria Jacobus.

ATB tak henti-hentinya mendorong inovasi untuk menemukan solusi terhadap masalah kehilangan air bersih tersebut. Salah satu inovasi terbaik perusahaan adalah SPARTA Smart Solution yang telah mendapatkan Paten dari Kementerian hukum dan HAM RI.

Tim ATB cepat dan tanggap mengtasi kebocoran. Kombinasi teknologi dan SDM yang tanggal jadi solusi menekan angka kehilangan air di Batam hingga 14 persen. Capaian ini berdampak terhadap efisiensi pengelolaan cadangan air baku Batam yang terbatas.
Tim ATB cepat dan tanggap mengtasi kebocoran. Kombinasi teknologi dan SDM yang tanggal jadi solusi menekan angka kehilangan air di Batam hingga 14 persen. Capaian ini berdampak terhadap efisiensi pengelolaan cadangan air baku Batam yang terbatas. (Ist)

Dengan tingkat kebocoran yang sangat rendah, ATB telah membantu menyelamatkan Batam yang seharusnya sudah defisit air sejak tahun 2015. Kita harus bersyukur, karena masih bisa menikmati layanan air yang baik dari ATB hingga hari ini.

Halaman
12
Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved