Breaking News:

KORUPSI DI DISHUB BATAM

Hari Ini Kamis 17 Juni Terdakwa Kadishub Kota Batam Kembali Disidangkan, Agenda Pemeriksaan Saksi

PN Tanjungpinang, kembali menjadwalkan sidang mantan Kadishub Batam Rustam Efendi, Kamis (17/6/2021).

Editor: Filemon Halawa
TRIBUNBATAM/ARGIANTO
Hari Ini 17 Juni Terdakwa Kadishub Kota Batam Kembali Disidangkan, Agenda Pemeriksaan Saksi. Foto Kadishub Batam Rustam Efendi ditahan penyidik kejaksaan negeri Batam beberapa waktu lalu 

TRIBUNBATAM.id - Pengadilan Tindak Pidana Korupsi ( Tipikor) pada Pengadilan Negeri Tanjungpinang atau PN Tanjungpinang, kembali menjadwalkan sidang mantan Kadishub Batam Rustam Efendi, Kamis (17/6/2021).

Berdasarkan informasi Sistem Informasi Penelusuran Perkara PN Tanjungpinang, perkara dengan nomor 8/Pid.Sus-TPK/2021/PN Tpg disidangkan di Ruang Sidang Utama dengan agenda pemeriksaan saksi.

Tangkapan Layar Sistem Informasi Penelusuran Perkara PN Tanjungpinang, perkara dengan nomorĀ 8/Pid.Sus-TPK/2021/PN Tpg dengan terdakwa Rustam Efendi disidangkan di Ruang Sidang Utama dengan agenda pemeriksaan saksi.
Tangkapan Layar Sistem Informasi Penelusuran Perkara PN Tanjungpinang, perkara dengan nomor 8/Pid.Sus-TPK/2021/PN Tpg dengan terdakwa Rustam Efendi disidangkan di Ruang Sidang Utama dengan agenda pemeriksaan saksi. (SIPP PN Tanjungpinang)

Sidang Kamis ini merupakan sidang kali yang ke 7 sejak sidang pertama Kamis, 22 April 2021.

Untuk diketahui, Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Kota Batam, Rustam Efendi ditetapkan sebagai tersangka oleh Kejaksaan Negeri atau Kejari Batam dalam kasus dugaan tindak pidana korupsi (tipikor) pengurusan rekomendasi penetapan jenis dan fungsi kendaraan bermotor, Kamis (8/4/2021).

Baca juga: Korupsi di Dishub Batam - Rustam Efendi Jalani Sidang Perdana, Keberatan atas Dakwaan JPU

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Batam, Rustam Efendy
Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Batam, Rustam Efendy (TRIBUNBATAM.ID/IAN SITANGGANG)

Penetapan status Rustam dalam kasus ini dilakukan oleh penyidik Kamis sekira pukul 11.00 WIB.

"Betul. Sudah tadi (jadi tersangka)," ujar Pelaksana tugas (Plt) Kepala Seksi (Kasi) Intel Kejari Batam, Hendarsyah Yusuf Permana kepada Tribun Batam sebelumnya.

Dalam kasus ini, lanjut Hendar, Rustam bersama-sama dengan tersangka lainnya, Hariyanto melakukan tindak pidana tipikor.

Baca juga: Tersangka Korupsi Dishub Batam Rustam Efendi Dipindahkan ke Rutan Tanjungpinang

Saat itu, Hariyanto menjabat sebagai Kepala Seksi (Kasi) Pengujian Kendaraan Bermotor Dishub Batam.

"Pungutan liar yang dilakukan tersangka (Rustam) bersama-sama dengan tersangka H dilakukan terhadap penerbitan SPJK yang merupakan syarat terbitnya surat KIR (pengujian kendaraan bermotor). Subjek pungli adalah dealer mobil se-Kota Batam," katanya lagi.

Seorang sumber mengatakan, sebelum digiring ke Kejari Batam, Rustam menyantap sarapan di kantornya.

Halaman
123
Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved