Breaking News:

BATAM TERKINI

PERAIRAN Batam Jadi Jalur Tersibuk, KSOP Terjunkan 4 Kapal Patroli Awasi Ribuan Kapal Lewat 

Berbagai kapal dengan ukuran puluhan hingga ribuan GT terus melintasi perairan Batam. Ada kapal domestik, tanker, super tanker dan kapal lainnya.

Penulis: Beres Lumbantobing | Editor: Tri Indaryani
TRIBUNBATAM.id/BERES LUMBANTOBING
Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Khusus Batam, Capt. Mugen S. Sartoto 

BATAM, TRIBUNBATAM.id - Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Khusus Batam, Capt. Mugen S. Sartoto mengatakan, alur pelayaran kapal di perairan Batam menjadi salah satu jalur aktivitas kapal tersibuk di Indonesia.

Berbagai kapal dengan ukuran puluhan hingga ribuan GT terus melintasi perairan Batam. Ada kapal domestik, tanker, super tanker dan kapal lainnya.

"Perairan Batam itu sala satu alur pelayaran kapal tersibuk. Kapal masuk dan keluar perairan didominasi kapal logistik," ujar Cap. Mugen kepada Tribun, Kamis (17/06/2021).

kata dia, ada ribuan kapal yang bergerak di wilayah perairan Batam setiap harinya.

Hal ini menyusul letak strategis wilayah perairan Batam sebagai jalur internasional.

Kesibukan jalur pelayaran kapal pun tak dapat dihindarkan dari tindak pelanggaran.

"Kalau ada yang melakukan pelanggaran, kita tindak. Kita serahkan ke pihak berwajib, sesuai dengan pelanggaran yang dilakukan," kata Mugen.

Baca juga: JAWABAN Kadinkes Batam Soal Ratusan Pekerja PT Schneider Muntah & Demam Usai Vaksin Massal

Upaya pencegahan terjadinya tindak pelanggaran di perairan Batam, saat ini tim Kesyahbandaran bersama KPLP melakukan patroli rutin.

Patroli rutin menggunakan armada KNP 376, KNP 330, KNP 592, Rigid Bouyant Boat (RBB) milik Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Khusus Batam

Ada puluhan personil yang diterjunkan setiap kali operasi patroli.

"Kegiatan Patroli menjadi rutinitas bagi Kantor KSOP Khusus Batam guna meminimalisir terjadinya pelanggaran hukum pelayaran serta menjalankan fungsi pengawasan keamanan dan keselamatan pelayaran," tutur Mugen.

"Sebagai insan bahari selalu berusaha menjalankan pengabdian yang terbaik untuk bangsa dan negara," katanya. (TRIBUNBATAM.id/Beres Lumbantobing)

*Baca juga berita Tribun Batam lainnya di Google

Berita tentang Kepri

Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved