Breaking News:

PENANGANAN COVID

Vaksin AstraZeneca di Natuna Mau Ditarik? Kadinkes Yakin Sisa Vaksin segera Habis

Kadinkes Natuna Hikmat mengatakan, awalnya vaksin AstraZeneca yang akan expired 30 Juni ini akan dikembalikan ke provinsi. Namun tak jadi

Penulis: Muhammad ilham | Editor: Dewi Haryati
tribunbatam.id/Muhammad Ilham
Plt Kepala Dinas Kesehatan Natuna, Hikmat Aliansyah yang juga Jubir Satgas Penanganan Covid-19 Natuna/ Vaksin AstraZeneca di Natuna Mau Ditarik? Kadinkes Yakin Sisa Vaksin segera Habis 

NATUNA, TRIBUNBATAM.id - Capaian vaksinasi penanganan Covid-19 di Provinsi Kepri ditargetkan sebanyak 50 persen pada bulan Juni 2021.

Hal tersebut disampaikan langsung oleh Ketua Harian Satgas Penanganan Covid-19 Kepri, Tengku Said Arif Fadillah di Tanjungpinang, Jumat (18/6/2021).

Selain itu ia mengatakan, pihaknya akan menarik vaksin AstraZeneca di Kabupaten Natuna dan Kabupaten Kepulauan Anambas.

"Wilayah-wilayah yang lambat vaksinasi AstraZeneca-nya, seperti Natuna dan Anambas. Karena lambat takut tidak habis sebelum habis limit tanggal 30 Juni kita tarik 800 dari Anambas, 400 dari Natuna. Kita pindahkan ke daerah yang padat seperti Karimun, Tanjungpinang, Bintan," kata Arif Fadillah.

Ia menambahkan, vaksin yang ditarik itu akan ditukar dengan vaksin Sinovac.

Baca juga: 1.500 Karyawan PT Rubycon Indonesia Divaksin Covid-19, Libur 2 Hari Setelah Vaksin

Baca juga: Vaksinasi Corona di Batam, Puskesmas Sei Panas Penuh Sesak Warga Sejak Pagi

Dimintai tanggapannya, Plt Kepala Dinas Kesehatan Natuna, Hikmat Aliansyah yang juga Jubir Satgas Penanganan Covid-19 Natuna menjelaskan, pada awalnya memang ada rencana vaksin AstraZeneca di Natuna akan dikembalikan ke Provinsi.

Namun melihat perkembangan vaksinasi yang sedang berjalan hingga saat ini, rencana tersebut diurungkan.

"Awalnya memang mau kita kembalikan, karena takut expired tanggal 30 Juni ini, tapi melihat perkembangan capaian vaksinasi yang kita dapat sampai saat ini, vaksin AstraZeneca itu tidak jadi kita kirim ke provinsi," kata Hikmat kepada Tribunbatam.id melalui pesan WhatsApp, Jumat (18/6/2021) malam.

Ia melanjutkan, vaksin yang expired pada akhir Juni nanti tinggal sedikit lagi, dan diperkirakan 3 hari lagi akan habis.

Dengan keseriusan Pemerintah Daerah Natuna dalam melaksanakan vaksinasi demi memutuskan mata rantai penyebaran virus Covid-19, dan animo masyarakat kian meningkat untuk divaksinasi, ia optimistis target vaksinasi bisa dicapai.

"Dengan kondisi saat ini, kita optimis kita bisa menghabiskan vaksin AstraZeneca yang tersisa sebelum masa expired tiba," pungkasnya.

(Tribunbatam.id/Muhammad Ilham)

Baca juga Berita Tribun Batam lainnya di Google

Berita Tentang Natuna

Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved