Breaking News:

Corona Melonjak, Kuota Beasiswa UIB Meningkat

Salah satu langkah yang dilakukan oleh UIB adalah dengan menambah jumlah kuota beasiswa dengan membuka kembali pendaftaran gelombang/jalur beasiswa.

Ist
UIB menambah jumlah kuota beasiswa untuk T.A 2021/2022 

BATAM, TRIBUN – Kondisi dan situasi pandemi di Indonesia semakin meningkat akhir-akhir ini. Adanya pembatasan sosial berskala besar yang dilakukan oleh Pemerintah merupakan salah satu usaha yang dilakukan untuk memutus rantai penyebaran COVID-19. Angka pasien COVID-19 yang terus melonjak memberikan dampak dimana-mana. Beberapa dampak yang kita alami saat ini adalah pembatasan arus lalu lintas antar kota dan negara, meningkatnya angka pengangguran akibat peralihan kegiatan kerja dari luring menjadi daring, kesulitan para siswa dan mahasiswa dalam pembelajaran daring, serta menurunnya kondisi perekonomian masyarakat. Dampak diatas hampir terjadi diseluruh daerah termasuk Kota Batam, bahkan banyak siswa yang menunda pendidikan ke jenjang lebih tinggi dikarenakan masalah ekonomi.

Universitas Internasional Batam (UIB) sebagai universitas swasta terbaik di Kota Batam menyadari permasalahan ini, dan tentunya melakukan langkah nyata untuk membantu para siswa dengan pendidikan SMA/SMK/sederajat yang keluarganya yang terkena dampak COVID-19. Salah satu langkah yang dilakukan oleh UIB adalah dengan menambah jumlah kuota beasiswa dengan membuka kembali pendaftaran gelombang/jalur beasiswa. Gelombang beasiswa T.A 2021/2022 menerima siswa-siswi yang lulus tahun 2020 dan 2021. Beasiswa yang diberikan oleh UIB terdapat dua jenis, yaitu beasiswa penuh dan beasiswa parsial. Beasiswa penuh artinya siswa dapat melanjutkan kuliah dengan gratis sampai lulus, beasiswa ini terdiri dari dua jenis yaitu Beasiswa Cemerlang dan Beasiswa Insan Mandiri/Bidikmisi. Beasiswa Cemerlang ditujukan kepada calon mahasiswa yang memiliki prestasi akademik maupun non akademik minimal tingkat Kota, sedangkan Beasiswa Insan Mandiri ditujukan kepada calon mahasiswa yang kurang mampu secara ekonomi namun ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang perkuliahan. Keuntungan yang didapat oleh peraih dua jenis beasiswa ini masih banyak lagi seperti mendapatkan potongan uang Gedung, potongan biaya kuliah penuh selama 7 semester, mendapat uang saku perbulan, dan mendapatkan kesempatan untuk bekerja sambil berkuliah.

Disisi lain beasiswa parsial merupakan beasiswa yang memberikan berbagai jenis yang disesuaikan dengan hasil nilai ujian saringan masuk UIB, beasiswa ini tidak secara penuh memberikan uang potongan kuliah. Pendaftaran semua jenis beasiswa dibuka dari tanggal 7 Juni 2021 sampai dengan 23 Juli 2021. Pendaftaran dilakukan secara daring melalui laman pendaftaran UIB yaitu pendaftaran.uib.ac.id. Setiap calon peserta cukup menyiapkan softcopy dokumen-dokumen pendaftaran yaitu:

1.         Kartu Keluarga

2.         Kartu Identitas (KTP, Kartu Pelajar atau Paspor)

3.         Rapor SMA/Sederajat (Semester 1 sampai dengan semester terakhir)

4.         Sertifikat Prestasi (jika ada)

Jika calon mahasiswa ingin mendaftar beasiswa Insan Mandiri/Bidikmisi, maka harus menambah persyaratan dokumen ketika melakukan pendaftaran, yakni:

1.         Kartu Indonesia Pintar Kuliah atau Surat Keterangan Tidak Mampu

2.         Tagihan listrik dan air selama 3 bulan terakhir

3.         Foto rumah berupa tampak depan, ruang tamu dan dapur

Kesempatan untuk mendapatkan beasiswa ini terbuka untuk semua jurusan di UIB yaitu Teknik Sipil, Arsitektur, Sistem Informasi, Teknologi Informasi, Manajemen, Akuntansi, Pariwisata, Ilmu Hukum dan Pendidikan Bahasa Inggris. Calon pendaftar diminta melengkapi persyaratan untuk mengikuti proses selanjutnya yakni ujian saringan masuk beasiswa yang akan dilaksanakan pada 24 Juli 2021. Informasi lebih lanjut terkait informasi beasiswa dapat menghubungi Line pusat informasi UIB @infouib atau mengecek di website UIB (www.uib.ac.id).

UIB berharap dengan adanya beasiswa ini, para siswa dapat melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi tanpa mengkhawatirkan biaya kuliah, dan dengan adanya kesempatan penempatan kerja menjadi peluang untuk tidak lebih membebani orang tua pada masa pandemi ini. Sampai jumpa di UIB. (*)

Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved