Breaking News:

Dinkes Natuna Optimistis Bisa Salurkan 700 Vial Vaksin Sebelum Akhir Juni 2021

Sampai saat ini capaian vaksinasi yang telah tersalurkan kemasyarakat Kabupaten Natuna sebanyak 17.367 warga dari target 82.402 warga. 

Editor: Rimna Sari Bangun
tribunbatam.id/Muhammad Ilham
Plt Kepala Dinas Kesehatan Natuna Hikmat Aliansyah. 

TRIBUNBATAM.id, NATUNA - Dinas Kesehatan Kabupaten Natuna bakal mengupayakan menggunakan dan menyalurkan 700 vial vaksin AstraZeneca kepada warga sebelum tanggal 30 juni 2021.

Hal ini dilakukan karena rencana pemerintah daerah untuk mengembalikan vaksin vaksin AstraZeneca batal dilakukan. 

Sebelumnya, kekhawatiran tidak dapat terealisasinya vaksinasi ke masyarakat Natuna sebelum habis batas kadaluwarsa menjadi pertimbangan Dinkes Natuna.

"Namun melihat perkembangan pencapaian vaksinasi yang kita laksanakan bersama intansi terkait, membuat kita tidak jadi atau mengurungkan niat untuk mengembalikannya ke provinsi," Kata Plt. Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Natuna, Hikmat Aliansyah saat dihubungi melalui telepon. Minggu (20/6/2021)

Dikatakannya, dengan sisa 700 vial tersebut pihaknya meminta kepada seluruh puskesmas untuk bisa merealisasikan vaksinasi kepada para penerima sebelum batas waktu kadaluwarsa. 

"Kita akan upayakan dalam 2 sampai 3 hari kedepan agar 700 vial vaksin Astrazeneca ini bisa diterima oleh masyarakat Natuna, sehingga kita tidak perlu untuk mengembalikan," ungkapnya.

Ia mengaku, apabila dalam waktu 2 sampai 3 hari kedepan ternyata masih ada sisa vaksin tersebut pihaknya akan segera mengirimkan ke provinsi sebelum tanggal 25 juni 2021 nanti.

"Jika ternyata kurun waktu 3 hari ini masih ada sisa vaksin, maka kita akan segera mengirimkan ke provinsi untuk di berikan ke kabupaten kota lainnya yang kekurangan vaksin," ucapnya. 

Sampai saat ini capaian vaksinasi yang telah tersalurkan kemasyarakat Kabupaten Natuna sebanyak 17.367 warga dari target 82.402 warga. 

"Berdasarkan target maksimal capaian 70 persen untuk wilayah kabupaten Natuna yang berjumlah 57.681, kita sudah mencapai 30,11 persen atau setara dengan 17.367 dari jumlah penduduk," paparnya. 

Hikmat berharap, dengan tercapainya tujuan target vaksinasi tersebut setidaknya bisa mengurangi dampak penyebaran Covid-19 diwilayah Kabupaten Natuna.

"Semoga saja, vaksinasi massal dikabupaten Natuna bisa terealisasikan seluruhnya, sehingga dapat membantu meningkatkan kepercayaan pelayanan kesehatan kepada masyarakat," pungkasnya. (*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved