Breaking News:

Hasil Tes GeNose Pelabuhan Tak Berlaku di Bandara, Ini Penjelasan Direktur RSBP Batam

Direktur RSBP Batam dr Afdhalun menyebut, aturan wajib pemeriksaan GeNose dilakukan di bandara sebelum berangkat merupakan arahan dari SE tim satgas

Penulis: Beres Lumbantobing | Editor: Dewi Haryati
tribunbatam.id/Beres Lumbantobing
Hasil Tes GeNose Pelabuhan Tak Berlaku di Bandara, Ini Penjelasan Direktur RSBP Batam. Foto Direktur RSBP Batam dr Afdhalun Hakim 

BATAM, TRIBUNBATAM.id - Sejumlah calon penumpang di Bandara Hang Nadim Batam mengeluhkan penggunaan hasil tes GeNose.

Mereka menilai aturan pemeriksaan GeNose yang wajib dilakukan di bandara sebelum berangkat, mempersulit masyarakat.

Padahal sejumlah penumpang dari luar Batam yang akan berangkat melalui Bandara Hang Nadim telah melakukan pemeriksaan GeNose di pelabuhan.

Menyikapi hal itu, Direktur Rumah Sakit Badan Pengusahaan (RSBP) Batam, dr Afdhalun Hakim menyampaikan, aturan wajib pemeriksaan GeNose dilakukan di bandara sebelum berangkat merupakan arahan dari surat edaran tim gugus tugas.

"Ya bukan buatan kita ketentuannya. Pakai saja ketentuan dari SE tersebut," ujar Direktur RSBP Afdhalun saat dihubungi, Rabu (23/6/2021).

Baca juga: DPRD Batam Meradang Pelayanan GeNose Bandara, Benny: Kami Berusaha Berikan Terbaik

Antrean penumpang yang akan melakukan tes GeNose di Pelabuhan SBP Tanjungpinang, Rabu (9/6/2021)
Antrean penumpang yang akan melakukan tes GeNose di Pelabuhan SBP Tanjungpinang, Rabu (9/6/2021) (tribunbatam.id/Endra Kaputra)

Kebijakan wajib GeNose di bandara sebelum keberangkatan merupakan arahan dari surat Edaran Nomor 12 Tahun 2021 tentang ketentuan perjalanan orang dalam negeri dalam masa pandemi covid-19.

Ia menerangkan pada poin F tentang protokol kesehatan dalam SE itu, nomor 3 dikatakan bahwa pelaku perjalanan dalam negeri harus mengikuti ketentuan sebagai berikut :

-Pelaku perjalanan transportasi udara wajib menunjukkan hasil negatif swab/PCR yang sampelnya diambil dalam kurun waktu 3x24 jam atau hasil rapid tes antigen 2 x 24 jam atau hasil negatif untuk tes genose 19 di bandara sebelum berangkat sebagai persyaratan perjalanan dan mengisi E-HAC.

"Jadi memang kebijakan wajib penumpang melakukan pemeriksaan GeNose di bandara sudah diatur dalam surat edaran KASATGAS nasional covid-19," katanya.

Tuai Protes

Tes GeNose kembali menuai protes di tengah masyarakat, Selasa (22/6/2021) siang. Warga Kota Tanjungpinang misalnya, mulai mengeluhkan soal Tes GeNose yang tidak berlaku selama 1 x 24 jam.

Keluhan itu muncul ketika Tes GeNose yang diterbitkan di Pelabuhan Sri Bintan Pura Tanjungpinang tidak dapat dipakai di Bandara Hang Nadim Batam. Padahal jangka waktu penerbitan hasi tes GeNose itu belum melewati satu hari.

Keluhan tersebut kemudian dijawab oleh Koordinator Wilayah Kerja Bandara Hang Nadim Kantor Kesehatan Pelabuhan Batam, Agung Sundari.

Tes GeNose di Bandara Hang Nadim masih terbilang diminati oleh pelaku perjalanan.
Tes GeNose di Bandara Hang Nadim masih terbilang diminati oleh pelaku perjalanan. (TRIBUNBATAM.id/ALAMUDIN HAMAPU)

Kepada Tribun Batam, Agung menegaskan, hasil Tes GeNose yang terbit di pelabuhan manapun di Kepri tidak bisa dipakai di bandara apapun termasuk Bandara Hang Nadim.

Halaman
12
Sumber: Tribun Batam
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved