Breaking News:

BATAM TERKINI

VIRUS Covid-19 Varian Delta Belum Ditemukan di Batam Atau Kepri

BTKLPP Batam bergerak cepat memeriksa sampel-sampel yang ada untuk melacak pergerakan penyebaran Covid-19 jenis baru. Ini hasilnya.

FREEPIK.COM
BTKLPP Batam bergerak cepat memeriksa sampel-sampel yang ada untuk melacak pergerakan penyebaran Covid-19 jenis baru. Ilustrasi covid-19. 

BATAM, TRIBUNBATAM.id - Kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di Kota Batam masih terus bertambah setiap hari. 

Konfirmasi kasus ini didapati dari hasil pemeriksaan PCR test yang dijalankan oleh Balai Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BTKLPP) Batam.

Menindaklanjuti maraknya temuan kasus varian baru virus Corona di kota-kota besar wilayah Jawa, Indonesia, BTKLPP Batam pun bergerak cepat memeriksa sampel-sampel yang ada untuk melacak pergerakan penyebaran Covid-19 jenis baru.

Pada 11 Juni 2021, BTKLPP Batam telah mengirimkan 474 sampel ke Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (Balitbangkes) Jakarta.

Di tanggal 15 Juni 2021, ada tambahan kiriman 23 sampel lagi.

Baca juga: JUMLAH Pasien Covid-19 di Batam Tambah 93 Orang, Tingkat Kasus Aktif Capai 11,3 Persen

"Sampai sekarang sudah ada 497 sampel yang kami kirimkan ke Balitbangkes untuk diperiksa whole genome sequencing (WGS) yang bisa melihat adanya temuan varian baru," jelas Kepala BTKLPP Batam, Budi Santosa, ketika dihubungi, Jumat (25/6/2021).

Sampel-sampel tersebut berasal dari pekerja migran indonesia (PMI) dan warga Batam yang memiliki nilai CT di bawah 25.

Ini merupakan kriteria sampel yang berkemungkinan mengandung jenis varian baru virus Corona.

Namun, Budi menambahkan, sampai saat ini, BTKLPP belum menerima hasil temuan virus Corona jenis baru dari beberapa sampel yang diperiksakan tersebut.

Terakhir kali, terdapat satu orang warga Batam dan satu warga Kepri yang diketahui terpapar Covid-19 varian baru.

"Belum ada temuan varian baru lagi baik di Batam maupun di Kepri. Masih ada 411 sampel yang kami tunggu hasilnya," ungkap Budi.

Sebelumnya dikabarkan, jenis virus Corona baru, yakni varian Alpha (B.1.1.7), varian Beta (B.1.351) dan varian Delta (B.1.617.2) telah ditemukan menyebar di berbagai kota di Indonesia.

Temuan varian baru virus Corona itu ditemukan paling banyak berasal dari Jawa Tengah, DKI Jakarta, Sumatera Selatan, Kalimantan Timur, Kalimantan Tengah, Jawa Timur dan Jawa Barat. ( TRIBUNBATAM.id/Hening Sekar Utami)
 

Baca juga Berita Tribun Batam lainnya di Google

*Berita lainnya tentang BATAM

Sumber: Tribun Batam
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved