Breaking News:

Kepri Siapkan Wakil Terbaik Jelang STQ Nasional 2021 di Maluku Utara

Wakil Gubernur Kepri, Marlin Agustina menyatakan Kepri siap hadir dalam pelaksanaan Seleksi Tilawatil Quran (STQ) Nasional 2021 di Maluku Utara

Penulis: Endra Kaputra | Editor: Dewi Haryati
tribunbatam.id/istimewa
Wakil Gubernur Kepri, Marlin Agustina saat menghadiri video conference launching Seleksi Tilawatil Quran Nasional (STQN) XXVI Tahun 2021 dari Aula Nuku Lantai 2 Kantor Gubernur Maluku Utara di Graha Kepri, Kota Batam, Senin (28/6/2021) 

KEPRI, TRIBUNBATAM.id - Wakil Gubernur Kepri, Marlin Agustina menyatakan Kepri siap hadir dan berperan dalam pelaksanaan Seleksi Tilawatil Quran (STQ) Nasional di Maluku Utara.

Juli ini, Kepri akan menggelar STQ Tingkat Provinsi untuk memilih peserta terbaik. Mereka nantinya akan membawa nama Kepri pada ajang nasional Oktober mendatang.

Hal ini disampaikan Wagub Kepri itu seusai menghadiri Video Conference Launching STQ Nasional (STQN) XXVI Tahun 2021 dari Aula Nuku Lantai 2 Kantor Gubernur Maluku Utara di Graha Kepri, Kota Batam, Senin (28/6/2021).

“Kita akan mempersiapkan kafilah semaksimal mungkin. Semoga memberikan hasil terbaik pada iven nasional itu,” kata Marlin.

Berdasarkan Surat Edaran yang ditandatangani oleh Dirjen Bimas Islam dan ditujukan kepada Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama di 34 Provinsi, STQN XXVI diselenggarakan di Maluku Utara mulai tanggal 16-25 Oktober 2021.

Baca juga: STQ di Batam 2021, Kafilah Batam Kota Juara Umum, Bengkong Juara Pertama Stan Bazaar

Proses pendaftaran peserta dimulai pada 1-31 Juli 2021, dilanjutkan dengan verifikasi tahap pertama pada 1-7 Agustus 2021. Proses sanggah yang dijadwalkan pada 8-14 Agustus 2021 dan dilanjutkan dengan perbaikan pada 15-21 Agustus 2021.

Setelah itu verifikasi tahap kedua yang dilangsungkan pada 22-28 Agustus 2021 dan penetapan peserta pada 2 September 2021.

Sesuai dengan Keputusan Menteri Agama Nomor 441 Tahun 2020, ada 4 cabang dan 10 golongan yang akan dilombakan dalam STQ Nasional XXVI Tahun 2021. Adapun yang diperlombakan yaitu Cabang Seni Baca Al-Qur'an terdiri dari Golongan Anak-Anak dan Dewasa.

Ada juga Cabang Hafalan Al-Qur'an yang terdiri dari Golongan 1 Juz dan Tilawah, 5 Juz dan Tilawah, 10 Juz, 20 Juz dan 30 Juz. Kemudian Golongan Tafsir terdiri dari Tafsir Bahasa Arab dan terakhir Cabang Musabaqah Al-Hadis yang terdiri dari Golongan Hafalan 100 Hadis dengan Sanad dan Hafalan 500 Hadis Tanpa Sanad.

Marlin memohon doa dan dukungan masyarakat Kepri untuk kesuksesan dan kelancaran STQ Provinsi Juli nanti. Selain itu ikut mendoakan utusan Kepri yang akan berlomba di Maluku Utara.

Mereka akan berlomba membawa nama Kepri untuk memberikan hasil terbaik dalam bidang Quran.

“Mari saling mendoakan untuk diberi kelancaran dan kesuksesan dalam iven ini baik provinsi maupun nasional,” kata Marlin.

(Tribunbatam.id/endrakaputra)

Baca juga Berita Tribun Batam lainnya di Google

Berita tentang Kepri

Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved