Breaking News:

Wisata di Phuket Dibuka, Turis dari Amerika dan Spanyol Masuk Tanpa Karantina Covid-19

Thailand segera membuka kembali lokasi wisata di Phuket untuk wisatawan asing yang telah disuntik Vaksin Covid-19.

Lillian SUWANRUMPHA / AFP
Penumpang dari penerbangan Etihad Airways dari Abu Dhabi tiba di Bandara Internasional Phuket di Phuket pada 1 Juli 2021.(Lillian SUWANRUMPHA / AFP) 

TRIBUNBATAM.id - Thailand segera membuka kembali lokasi wisata di Phuket untuk wisatawan asing yang telah disuntik Vaksin Covid-19.

Kebijakan membuka kembali Phuket dilakukan meski ancaman virus Covid-19 varian delta masih ada.

Terhitung mulai Kamis (1/7/2021), wisatawan asing dari negara beresiko rendah dan menengah seperti Amerika Serikat dan Spanyol diizinkan berlibur ke Phuket tanpa menjalani karantina.

Jika percobaan ini berhasil, maka Thailand akan mulai membuka industri pariwisata lainnya pada Oktober tahun ini seperti dilansir Strait Times.

Sebelum pandemi, pariwisata berkontribusi sekitar 20 persen dari produk domestik bruto Thailand - sekitar dua kali lipat rata-rata global.

Di Phuket, pariwisata menyumbang lebih dari 90 persen ekonomi dan lapangan kerja.

Baca juga: Singapura Bakal Buka Pintu, Batam Siap Menyambut Kedatangan Wisman 

Tetapi dengan pantai-pantai yang kosong dan banyak restoran, bar dan panti pijat tutup, pendapatan rata-rata diperkirakan turun di bawah garis kemiskinan tahun ini.

Presiden Dewan Pariwisata Phuket Thaneth Tantipiriyakij mengatakan: "Ini adalah awal dari pembukaan kembali sektor pariwisata Thailand dalam kenormalan baru. "Kami akan secara bertahap membuka kembali dan terus belajar darinya untuk memetakan arah pariwisata menjadi salah satu mesin ekonomi utama negara lagi," ujarnya.

Bahkan saat pulau dibuka kembali, diperkirakan kunjungan wisata belumlah tinggi.

Hanya 100.000 turis asing yang diperkirakan tiba pada kuartal ketiga, dibandingkan dengan lebih dari 2,5 juta pada kuartal sebelum pandemi.

Halaman
12
Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved