Breaking News:

Hidup Berdampingan dengan Covid-19, Singapura Sebut Masker Adalah Kunci Utama

Pemakaian masker akan menjadi kunci utama setelah memasuki era new normal hidup bersama Covid-19. Masker menjadi cara paling ampuh dan efektif dalam..

Penulis: Lia Sisvita Dinatri | Editor: Lia Sisvita Dinatri
TRIBUNNEWS
Covid-19 di Singapura - FOTO: ILUSTRASI 

TRIBUNBATAM.id, SINGAPURA -  Menteri Kesehatan Singapura, Ong Ye Kung mengatakan, pemakaian masker akan menjadi kunci utama setelah memasuki era new normal hidup bersama Covid-19

Dalam wawancara eksklusif dengan The Straits Times, Ong menyebut bahwa masker menjadi cara paling ampuh dan efektif dalam mengurangi penyebaran Covid-19

Menurut dia, pencabutan pemakaian masker akan menjadi kebijakan terakhir yang akan diambil saat Singapura sudah berdamai dengan virus Corona

"Pemakaian masker mungkin menjadi salah satu hal terakhir yang kami pertimbangkan untuk dicabut. Dan, bahkan jika kami mencabutnya, mungkin hanya untuk lingkungan yang aman saja, seperti area terbuka,"

"Masker akan memungkinkan kita untuk melakukan lebih banyak hal, dibandingkan dengan tidak memakai masker dalam hal risiko, itu adalah salah satu hal yang paling masuk akal untuk dilakukan." kata Ong, Kamis, (1/7/2021). 

Ia merujuk pada Israel yang baru-baru ini kembali meminta warganya memakai masker di dalam ruangan setelah terjadi lonjakan kasus Covid-19

Persyaratan untuk memakai masker telah menjadi aturan pembatasan terakhir di Israel usai semua tindakan Covid-19 lainnya secara bertahap dikurangi. 

Negara pimpinan Naftali Bennett ini menjadi salah satu negara dengan tingkat vaksinasi tertinggi di dunia, dengan lebih dari 59 persen penduduknya telah divaksin. 

Israel kemudian menerapkan kembali persyaratan tersebut setelah mencatat lebih dari 100 kasus harian baru selama beberapa hari berturut-turut. Sebagian besar kasus itu diduga karena varian Delta. 

Padahal Juni lalu, tak ada laporan kasus Covid-19 baru di negara tersebut. 

Pejabat Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) juga mendesak orang yang sudah divaksin secara penuh untuk tetap memakai masker dan mematuhi aturan protokol kesehatan demi mencegah infeksi. 

Meski, vaksinasi dinilai sangat efektif dalam mencegah penyakit yang tergolong parah dan mengurangi angka kematian, namun belum diketahui sejauh mana vaksin mampu melindungi terhadap infeksi ringan atau tanpa gejala. (*) 

Simak berita terbaru lainnya di Google News

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved