Breaking News:

Cadangan Devisa Indonesia 137,1 Miliar Dolar AS, Gubernur BI: Bisa Jaga Nilai Rupiah

Bank Indonesia dalam laporannya mencatat, posisi cadangan devisa Indonesia pada akhir Juni 2021 sebesar 137,1 miliar dollar AS.

Editor: Rimna Sari Bangun
kontan.co.id
Cadangan devisa RI naik sebesar 137,1 miliar dollar AS. 

TRIBUNBATAM.id, JAKARTA - Bank Indonesia (BI) optimistis cadangan devisa yang dimiliki oleh BI saat ini masih bisa menjaga ketahanan nilai tukar rupiah. 

Bank Indonesia dalam laporannya mencatat, posisi cadangan devisa Indonesia pada akhir Juni 2021 sebesar 137,1 miliar dollar AS.

Jika dibandingkan Mei 2021, angka tersebut meningkat. Dimana posisi pada bulan sebelumnya sebesar 136,4 miliar dollar AS.

Direktur Eksekutif Kepala Departemen Komunikasi Bank Indonesia, Erwin Haryono mengatakan, posisi cadangan devisa tersebut setara dengan pembiayaan 9,2 bulan impor atau 8,8 bulan impor dan pembayaran utang luar negeri pemerintah.

Baca juga: Kasus Covid-19 Seret Pelemahan Rupiah ke Level Rp 14.485 per Dolar AS

Serta angka tersebut berada di atas standar kecukupan internasional sekitar 3 bulan impor.

“Bank Indonesia menilai cadangan devisa tersebut mampu mendukung ketahanan sektor eksternal serta menjaga stabilitas makroekonomi dan sistem keuangan,” ucap Erwin dalam keterangannya di Jakarta, Rabu (7/72021).

Erwin kembali melanjutkan, peningkatan posisi cadangan devisa pada Juni 2021 diantaranya dipengaruhi oleh penerbitan Sukuk Global Pemerintah serta penerimaan pajak dan jasa.

“Ke depan, BI memandang cadangan devisa tetap memadai dan akan menjadi faktor penting bagi ketahanan eksternal ekonomi nasional,” pungkas Erwin.

Baca juga: UPDATE Harga Emas Antam Rp940 Ribu per Gram pada Rabu (7/7)

Bank Indonesia (BI) optimistis cadangan devisa masih bisa menjaga ketahanan nilai tukar rupiah. 

 “Insya Allah we can manage external stability (kami bisa menjaga stabilitas eksternal) dengan posisi cadangan devisa yang masih relatif besar,” ujar Gubernur BI Perry Warjiyo, Senin (6/7). 

Halaman
12
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved