Breaking News:

Jangan Cemas PPKM Darurat, Pemerintah Bagikan Beras 10 Kg Untuk 20 Juta Keluarga

Pemerintah pusat akan membagikan 10 kg beras untuk 20 juta warga selama PPKM Darurat dibeelakukan. Sejauh ini masih menunggu persetujuan dari kementer

Editor: Eko Setiawan
ANTARA FOTO/Umarul Faruq/ama/18
Bantuan beras unntuk warga selama PPKM Darurat diberlakukan. 

TRIBUNBATAM.id, JAKARTA - Pemerintah pusat kembali memberikan bantuan kepada masyarakat ditengah pemberlakuan PPKM Darurat.

Kali ini, Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian menyatakan, pemerintah mengeluarkan dukungan APBN dalam pelaksanaan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM darurat).

Seperti yang dikatakan oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto.

Ia mengatakan, di antaranya sedang mempersiapkan bantuan beras dari Bulog sebesar 10 kilogram (kg).

Selain itu, pemerintah juga mendorong program yang ada di Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) yaitu bantuan produktif uang muka (BPUM) sebesar Rp 1,2 juta.

"Bantuan tersebut untuk 3 juta pengusaha kecil, UMKM. Ini didorong, diutamakan di daerah-daerah yang dilaksanakan PPKM darurat," kata Airlangga.

Dia menambahkan, program BPUM ini juga akan segera dipersiapkan oleh Kementerian Koperasi dan UKM beserta alokasi lainnya dalam program pemulihan ekonomi nasional (PEN).

"Pemerintah juga mendorong dukungan dukungan untuk PPKM ini. Antara lain pemerintah sudah mempunyai alokasi yang dimasukkan di dalam program pemulihan ekonomi nasional," pungkas Airlangga.

Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian menyatakan, pemerintah menambah 15 kabupaten/kota untuk menerapkan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) darurat.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan, 15 wilayah tersebut yakni Kota Tanjungpinang, Kota Singkawang, Kota Padang, Kota Padang Panjang, Kota Bukittinggi, serta Kota Balikpapan.

Kemudian, Kota Bontang, Kota Bandar Lampung, Kota Pontianak, Kota Manokwari, Kota Sorong, Kota Mataram, Kota Medan, dan Kota Batam.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto yang hadir secara virtual saat melepas ekspor perdana SGA KEK Galang Batang di Bintan, Provinsi Kepulauan Riau, Jumat (2/7/2021).
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto yang hadir secara virtual saat melepas ekspor perdana SGA KEK Galang Batang di Bintan, Provinsi Kepulauan Riau, Jumat (2/7/2021). (Istimewa)

"Pengaturannya tentu kalau kita lihat ini adalah 15 daerah berdasarkan kriteria yang ada. Pengaturan pembatasan tersebut mengikuti PPKM darurat di Jawa dan Bali," ujarnya saat konferensi pers secara virtual, Jumat (9/7/2021).

Airlangga menjelaskan, jika melihat berdasarkan parameter untuk PPKM darurat, di mana level asesmennya di level 4.

Dalam kategori itu, tingkat keterisian kamar rumah sakit atau bed occupancy rate (BOR) di atas 60 persen dan kasus naik signifikan.

"Selanjutnya, capaian vaksinasi kurang dari 50 persen maka pemerintah mendorong beberapa daerah untuk diberlakukan PPKM darurat," pungkas Airlangga.

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul PPKM Darurat, 20 Juta Keluarga Akan Dapat Beras 10 Kg

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved