Breaking News:

Atasi Krisis Air di Pulau Tiga, Pemkab Natuna Maksimalkan Fungsi Embung Sabang Mawang

Camat Pulau Tiga Natuna, Sudirman berharap, pemanfaatan Embung Sabang Mawang bisa mencukupi kebutuhan air 2 desa:Sabang Mawang dan Sabang Mawang Barat

Editor: Dewi Haryati
tribunbatam.id/istimewa
Atasi Krisis Air di Pulau Tiga, Pemkab Natuna Maksimalkan Fungsi Embung Sabang Mawang. Ilustrasi Embung Sabang Mawang di Natuna 

NATUNA, TRIBUNBATAM.id - Untuk mengatasi krisis air baku di Kecamatan Pulau Tiga, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Natuna akan memaksimalkan fungsi Embung Sabang Mawang.

Diketahui, meskipun Embung Sabang Mawang itu sudah bisa menampung air dalam kapasitas tertentu, namun belum ada sarana pendukung lainnya untuk menyalurkan air di sana ke rumah warga.

Alhasil, warga tetap saja mengeluhkan terkait layanan air bersih. 

Camat Pulau Tiga, Sudirman mengatakan, air di Embung Sabang Mawang yang ada di Desa Sabang Mawang hingga saat ini masih belum tersalurkan ke rumah-rumah warga.

"Jika Embung Sabang Mawang sudah didistribusikan ke Desa Sabang Mawang, insyaAllah bisa tercover. Kalau ke Desa Sabang Mawang Barat belum pasti bisa mengcover semuanya," kata Sudirman, baru-baru ini.

Ia juga berharap, pemanfaatan Embung Sabang Mawang bisa mencukupi kebutuhan air dua desa, yaitu Sabang Mawang dan Sabang Mawang Barat.

"InsyaAllah inikan ada dana yang dikucurkan Pemkab untuk pemanfaatan Embung Sabang Mawang, mudah-mudahan bisa mengcover Desa Sabang Mawang dan Sabang Mawang Barat," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Bidang (Kabid) Permukiman Dinas Perumahan dan Permukiman (Perkim) Kabupaten Natuna, Suratmojo mengatakan, untuk memaksimalkan keberadaan embung tersebut, Pemkab Natuna telah menganggarkan dana terkait air bersih dalam upaya pemanfaatan embung pada 2021 ini.

"Dananya bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) sekitar Rp 1,8 miliar," ucapnya di sela-sela peresmian Kantor Camat Pulau Tiga Barat.

Pria yang akrab disapa Jojo ini mengatakan, pekerjaan tersebut sudah dilelang dan saat ini masuk masa sanggah.

Ia melanjutkan, pemanfaatan embung nantinya akan dibangun sarana pengolahan air, pompa sampai sambungan ke rumah warga.

"Air bakunya sudah tersedia dan cukup apabila kita distribusikan ke rumah warga," terangnya.

Halaman
123
Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved