Breaking News:

Berbagai Macam Obat Covid-19 Rekomendasi Kemenkes, Ketahui Jenis dan Fungsinya!

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) telah merilis rekomendasi vitamin dan obat-obatan sebagai perawatan pasien Covid-19. Artikel ini akan membahas ...

pixabay.com
ILUSTRASI obat Covid-19 

TRIBUNBATAM.id - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) telah merilis rekomendasi vitamin dan obat-obatan sebagai perawatan pasien Covid-19. 

Artikel ini akan membahas masing-masing fungsi obat Covid-19 rekomendasi Kemenkes tersebut. 

Vitamin C

Vitamin C adalah vitamin yang mengandung antioksidan tinggi dan memiliki efek antiinflamasi. Selain itu, vitamin C berfungsi untuk meningkatkan imun tubuh yang bisa membantu tubuh untuk melawan virus SARS-CoV-2. 

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa pasien dengan gejala ringan yang mengonsumsi vitamin C mengalami pengurangan gejala sebanyak 50 persen setelah rata-rata 6 hari. 

Namun, penelitian ini hanya melibatkan sedikit sampel serta kurang sampel kontrol. Sehingga masih harus diteliti lebih jauh mengenai khasiat vitamin C untuk tubuh saat terkena Covid-19. 

Vitamin D

Sebuah jurnal penelitian yang dipublikasikan di NCBI menyebutkan bahwa vitamin D bisa meningkatkan limfosit T yang berfungsi untuk melawan virus.

Selain itu, kekurangan vitamin D juga mengakibatkan peningkatan sitokin yang memicu pneumonia dan membuat gejala covid bertambah parah. 

Zinc

Halaman
1234
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved