Breaking News:

TANJUNGPINANG TERKINI

Calon Penumpang di Pelabuhan SBP Tanjungpinang Kini Wajib Punya Sertifikat Vaksin Covid-19

Pelabuhan Domestik Sri Bintan Pura (SBP) Tanjungpinang mulai menerapkan penggunaan sertifikat vaksin covid-19 sebagai syarat keberangkatan penumpang

Penulis: Novenri Halomoan Simanjuntak | Editor: Dewi Haryati
tribunbatam.id/Noven Simanjuntak
Calon Penumpang di Pelabuhan SBP Tanjungpinang Kini Wajib Punya Sertifikat Vaksin Covid-19. Foto seorang calon penumpang di Pelabuhan Domestik Sri Bintan Pura (SBP) Tanjungpinang mendatangi meja validasi petugas Kantor Kesehatan Pelabuhan sebelum melakukan keberangkatan, Sabtu (10/7/2021) 

TANJUNGPINANG, TRIBUNBATAM.id - Pelabuhan Domestik Sri Bintan Pura (SBP) Kota Tanjungpinang kini menerapkan penggunaan sertifikat Vaksin Covid-19 bagi calon penumpang yang akan melakukan keberangkatan.

Sertifikat vaksin covid-19 ini menggantikan syarat test GeNose sebelumnya yang berlaku untuk keberangkatan penumpang.

Hal ini disampaikan Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas II Tanjungpinang, Agus Jamaludin.

Ia mengatakan, peraturan itu diatur dalam aturan baru terkait Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) yang dikeluarkan Gubernur Kepri.

"Dimulai hari ini, kan sudah dicabut syarat GeNose dengan aturan PPKM yang dikeluarkan Gubernur. Jadi orang yang ingin berangkat harus menunjukkan bukti vaksin," ujar Agus, Sabtu (10/7/2021).

Baca juga: JADWAL Kapal Ferry Pelabuhan Domestik SBP Tanjungpinang, Sabtu 10 Juli 2021 Ada 6 Trip

Meski begitu, Agus mengatakan, untuk hari ini pemberlakuan wajib menunjukan sertifikat vaksin covid-19 belum dapat sepenuhnya diterapkan.

"Khusus hari ini, masyarakat setempat yang belum menjalani vaksinasi Covid-19 masih diberikan toleransi untuk menggunakan test GeNose," sebutnya.

Ia melanjutkan, kemungkinan besar syarat perjalanan itu akan efektif diterapkan pada Minggu (11/7/2021) besok. Sehingga para penumpang yang ingin berangkat melalui Pelabuhan SBP Tanjungpinang, wajib menunjukan bukti sudah menjalani vaksinasi.

"Harusnya hari ini sudah ketat, tapikan vaksinnya ada di Dinas Kesehatan (Dinkes). Rencana sore akan rapat lagi bersama Dinkes, agar besok betul-betul diterapkan," ungkapnya.

Menurut Agus, jika ada masyarakat yang hari ini menggunakan sertivikat vaksin covid-19 sebagai syarat berangkat, maka itu dinilai lebih bagus.

Suasana saat penumpang yang tiba di Pelabuhan SBP Tanjungpinang diminta untuk mengisi e-HAC oleh petugas, Sabtu (10/7/2021)
Suasana saat penumpang yang tiba di Pelabuhan SBP Tanjungpinang diminta untuk mengisi e-HAC oleh petugas, Sabtu (10/7/2021) (tribunbatam.id/Noven Simanjuntak)
Halaman
123
Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved