Breaking News:

CORONA KEPRI

Tambahan Vaksin Covid-19 Tiba di Batam, Hanya 5.000 Warga Kebagian Vaksin, Sisanya untuk TNI/Polri

Sebanyak 20.000 dosis vaksin dari Pemerintah Provinsi Kepri tiba di Kota Batam, Kamis (15/7/2021).

Penulis: Roma Uly Sianturi | Editor: Tri Indaryani
Tribunbatam.id / Istimewa Humas Pemko Batam
Foto Wali Kota Batam Muhammad Rudi meninjau pelaksanaan vaksinasi covid-19 di sejumlah titik di Batam, Selasa (22/6/2021). 

BATAM, TRIBUNBATAM.id - Sebanyak 20.000 dosis vaksin dari Pemerintah Provinsi Kepri tiba di Kota Batam, Kamis (15/7/2021).

Kendati demikian ketersediaan vaksin saat ini masih kategori sangat terbatas sehingga penyuntikan hanya dilakukan di Puskesmas.

"Informasinya prioritas dosis kedua, karena sudah terjadwal," ujar Wakil Wali Kota Batam, Amsakar Achmad, Kamis (15/7/2021).

Diakuinya pelaksanaan vaksinasi saat ini tidak digelar secara massal karena stok vaksin yang tidak banyak. Sejauh ini Pemko Batam terus berkoordinasi dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kepri terkait dengan ketersedian vaksin. Pihaknya tidak membantah bahwa saat ini stok vaksin di Batam memang terbatas.

Amsakar menegaskan Pemko juga terus mendorong Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Kepri mendesak Pemerintah Pusat agar melakukan penambahan kuota vaksin. Sehingga dapat segera didistribusi kepada masyarakat.

Ia mengapresiasi permintaan vaksin terus meningkat. Hal ini ditambah dengan pemberlakuan PPKM Darurat yang mewajibkan sertifikat vaksin untuk melakukan perjalanan.

Baca juga: Belum Boleh Dirawat di Rumah, Begini Kondisi Terbaru Kadinkes Batam Setelah Kena Covid-19

Vaksin yang baru tiba 2000 vial ini akan dibagi termasuk untuk TNI dan Polri.

Sedangkan untuk Batam hanya 500 vial atau hanya cukup untuk 5.000 orang.

Sementara terkait dengan target vaksinasi 70 persen sampai akhir Juli ini, menurutnya akan sulit tercapai.

Apabila ketersediaan vaksin terbatas seperti yang terjadi saat ini. 

"Kalau dalam waktu dekat ada distribusi vaksin dengan jumlah yang banyak, misal 50 ribu vial yang datang mungkin tercapai, tapi kalau sedikit-sedikit seperti sekarang ini sepertinya sulit untuk mengejar target," katanya

Ia juga mengimbau kepada masyarakat untuk tetap mematuhi protokol kesehatan (Protkes). Yakni memakai masker, mencuci tangan pakai sabun/hand sanitizer, menjaga jarak/menghindari kerumunan, dan mengurangi mobilitas/bepergian kecuali untuk keperluan sangat mendesak/urgen. (TRIBUNBATAM.id/Roma Uly Sianturi)

Baca juga Berita Tribun Batam lainnya di Google

Berita Tentang Corona Kepri

Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved