Breaking News:

Aksi Curang Mahasiswa Jual Kartu Vaksin, Dibanderol Rp 350 Ribu Mampu Raup 5 Juta Sehari

Lima mahasiswa di Batam membobol data dan menerbitkan kartu vaksin Covid-19 palsu lalu menjualnya saat menjadi relawan vaksinasi massal di Kota Batam

Editor: Irfan Azmi Silalahi

TRIBUNBATAM.id - Sejumlah mahasiswa di Batam membobol data dan menerbitkan kartu vaksin Covid-19 palsu.

Mereka adalah para relawan validasi saat berlangsung vaksinasi Covid-19 massal di sejumlah titik di Kota Batam.

Omzet kartu vaksin bodong, 5 mahasiwa yang telah diringkus polisi itu berhasil meraup Rp 5 juta per hari.

Jejak kriminal mereka terdeteksi setelah polisi mencurigai adanya perbedaan data antara jumlah orang yang mendapat kartu vaksin dengan jumlah orang yang disuntik.

Mencegah hal serua terjadi, Wakil Wali Kota Batam Amsakar Achmad mengaku, pihaknya sudah membatasi akses bagi para relawan yang membantu program vaksinasi massal di Batam.

Ia mengaku, ke depan relawan saat masuk ke sistem dalam penginputan data, akan mendapat pengawasan penuh serta seluruh password akan kembali diganti.

Polisi mengamankan sejumlah mahasiswa yang memalsukan sertifikat vaksin dan menjualnya sehingga mendapatkan untung hingga Rp 5 juta sehari.
Polisi mengamankan sejumlah mahasiswa yang memalsukan sertifikat vaksin dan menjualnya sehingga mendapatkan untung hingga Rp 5 juta sehari. (TRIBUNBATAM.id/EKO SETIAWAN)

Sebelumnya Wakasat Reskrim Polresta Barelang AKP Juwita Oktaviani mengatakan, para pelaku yang ditangkap seluruhnya berstatus mahasiswa.

"Kasus ini terungkap dari adanya kesenjangan data orang yang sudah divaksin dan jumlah sertifikat yang dikeluarkan," jelasnya, Kamis (15/7/2021).

Mereka yang ditangkap, yakni Leo Candra (26), Fuad M (23), Herman Pelabi (31), Rahmatullah Adnan (19) dan Rahmat Ramadhan (18).

Sesuai ketentuan, satu vial atau satu botol vaksin bisa disuntikkan untuk 10 orang.

Halaman
123
Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved