Breaking News:

Banyak Kelompok Tambak Gagal Panen, Bapati Lingga Minta Dinas Perikanan Berikan Edukasi

Bupati Lingga, Muhammad Nizar meminta Dinas Perikanan, segera memberikan pendampingan dan edukasi kepada kelompok-kelompok tambak udang

Penulis: Febriyuanda | Editor: Agus Tri Harsanto
ist
Pertemuan Bupati Lingga Muhammad Nizar dan Dinas Perikanan Lingga di Gedung Daerah Daik, Lingga, Jum'at (16/7/2021) 

LINGGA, TRIBUNBATAM.id - Bupati Lingga, Muhammad Nizar meminta Dinas Perikanan, segera memberikan pendampingan dan edukasi kepada kelompok-kelompok tambak udang vanamei yang belum berhasil panen.

Hal itu dipertegas Muhammad Nizar saat melakukan diskusi singkat bersama Dinas Perikanan di Gedung Daerah, Daik, Jum’at (16/7/2021) lalu.

Sebagaimana diketahui pemerintah telah menggelontorkan dana lewat Dinas Perikanan, untuk pembangunan tambak.

Tahap awal pembukaan tambak, yakni setiap kelompok diberikan bantuan, baik berupa bibit, pakan, obat-obatan dan perlengkapan lainnya.

Kemudian untuk selanjutnya, tidak ada bantuan lagi. Pemerintah berharap setiap kelompok bisa mandiri, untuk terus mengelola tambak berkelanjutan.

Baca juga: Bupati Lingga Semangati Nakes Puskesmas Dabo Lama saat Cek Kelengkapan Medis Penanganan Covid-19

Namun pada kebijakannya, beberapa kelompok seperti di Desa Sungai pinang, Kudung, Tanjung Bungsu, Panggak Laut dan desa lainnya yang dianggap gagal pada panen perdana, masih digelontorkan bantuan bibit udang.

Meskipun demikian, sampai saat ini masih juga belum menunjukkan hasil maksimal.

Maka dari itu, Muhammad Nizar menegaskan agar Dinas Perikanan Lingga berkolaborasi dengan pendamping yang telah diberikan surat tugas untuk mengedukasi kelompok tersebut.

"Itu harus dilakukan cepat, sebab ada yang berhasil dan hari ini sudah mandiri. Harus malu, seperti di Desa Sedamai, Tinjul, Selayar, Resang ini sudah mandiri. Sudah masuk ke panen selanjutnya tanpa bantuan lagi dari pemerintah,” kata Nizar.

Orang nomor satu di Lingga ini menegaskan, bahwa edukasi itu harus diberikan sesegara mungkin.

Halaman
12
Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved