Breaking News:

CORONA KEPRI

PPKM Darurat di Batam, Warga Dapat Bantuan Beras dari Kemensos

Bantuan sosial (bansos) dari Kementerian Sosial (Kemensos) RI, mulai disalurkan kepada warga saat PPKM Darurat di Batam, Minggu (18/7/2021)

Penulis: Hening Sekar Utami | Editor: Agus Tri Harsanto
TRIBUNBATAM/HENING
Bantuan sosial (bansos) dari Kementerian Sosial (Kemensos) RI, mulai disalurkan kepada warga saat PPKM Darurat di Batam, Minggu (18/7/2021). 

BATAM, TRIBUNBATAM.id - Bantuan sosial (bansos) dari Kementerian Sosial (Kemensos) RI, mulai disalurkan kepada warga saat PPKM Darurat di Batam, Minggu (18/7/2021).

Bantuan berupa 10kg beras dari Perum Bulog tersebut dibagikan kepada sejumlah warga yang terdaftar sebagai Keluarga Penerima Manfaat (KPM) kategori Bantuan Sosial Tunai (BST) dan Program Keluarga Harapan (PKH).

Penyaluran bansos di hari pertama dilaksanakan di dua titik, yakni Kantor Kelurahan Tanjung Sengkuang, dan Gedung Serbaguna Kelurahan Batu Merah, Kecamatan Batu Ampar, Batam.

"Perum Bulog sebenarnya ini yang menyalurkan, kami tinggal mengkoordinir. Bantuan ini dikhususkan bagi warga penerima BST dan PKH," ujar Wali Kota Batam, Muhammad Rudi, ketika diwawancarai di lokasi.

Suasana penyaluran bansos beras di Kantor Kelurahan Tanjung Sengkuang pagi itu sangat ramai.

Baca juga: Luncurkan Bantuan Beras, Gubernur Kepri Minta Segera Didistribusikan

Ratusan warga yang sudah menerima surat undangan dari kelurahan, pun berbondong-bondong mendatangi lokasi untuk menerima bansos.

Sebagian warga mengantre di tenda dan kursi-kursi yang disediakan, dengan tetap berjaga jarak.

Namun sebagian warga lainnya yang menunggu giliran, tampak berkumpul-kumpul di area luar gerbang kantor kelurahan.

Beberapa petugas kepolisian dan TNI yang ikut berjaga, berupaya mengurai kerumunan yang ada, serta mengatur jarak antrean dan giliran.

Lurah Tanjung Sengkuang, Yanuar Pribadi, mengatakan, sebelumnya pembagian bansos bagi warga sudah terjadwal, guna menghindari penumpukan.

"Ada sekitar 339 warga penerima BST dan 758 warga penerima PKH di Tanjung Sengkuang. Semua akan dibagikan di hari ini juga," ungkap Yanuar.

Salah seorang warga penerima bantuan, Jarwo, pun mengaku bersyukur akhirnya kembali memperoleh bantuan dari pemerintah. Ia mengungkapkan, di tengah PPKM Darurat ini, bantuan seperti beras dan sembako sangat dibutuhkan.

"Alhamdulillah, sangat terbantu. Semoga ke depannya akan ada bantuan lagi," ujar Jarwo.

Perlu diketahui, di Batam sendiri ada 37.109 KPM yang akan menerima bantuan beras dari Kemensos RI.

Di antaranya adalah 20.310 penerima PKH dan 16.799 penerima BST. Total keseluruhan beras yang akan dibagikan mencapai 371 ton 90kg. (TRIBUNBATAM.id/Hening Sekar Utami)

Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved