Breaking News:

BATAM TERKINI

Batam Bakal Libatkan Masyarakat saat Bangun Kota, DPRD Mulai Ajukan Ranperdanya

Tim Pansus DPRD Kota Batam menyampaikan Ranperda tentang pembangunan berbasis pemberdayaan masyarakat di Kelurahan.

Penulis: Roma Uly Sianturi | Editor: Tri Indaryani
Tribun Batam/Argianto
Warga Batam bakal dilibatkan dalam pembangunan kota. Saat ini Tim Pansus DPRD Kota Batam menyampaikan Ranperda tentang pembangunan berbasis pemberdayaan masyarakat di Kelurahan. FOTO : Ilustrasi 

BATAM, TRIBUNBATAM.id - Tim Pansus DPRD Kota Batam menyampaikan Ranperda tentang pembangunan berbasis pemberdayaan masyarakat di Kelurahan. 

Ranperda ini untuk mendorong partisipasi masyarakat dalam pembangunan merupakan salah satu elemen yang krusial dan mutlak diperlukan dalam rangka pembangunan. 

"Melalui Ranperda ini diharapkan kegiatan pembangunan bukanlah sekadar kewajiban yang harus dilaksanakan oleh pemerintah sendiri. Tetapi juga menuntut keterlibatan masyarakat yang akan memperbaiki mutu-hidupnya. Inilah model pembangunan berbasis pemberdayaan masyarakat," ujar Ketua Pansus Ranperda tentang pembangunan berbasis pemberdayaan masyarakat di Kelurahan, Werton Panggabean, Senin (19/7/2022).

Diakuinya Ranperda pembangunan berbasis pemberdayaan masyarakat di kelurahan merupakan ranperda inisiatif DPRD Kota Batam

Terlebih jika dikaitkan dengan pergeseran paradigma pembangunan yang kini telah menempatkan manusia dan masyarakat sebagai sentral dalam pembangunan.

Baca juga: Selama 7 Hari PPKM Darurat, Covid-19 di Batam Tambah 2.610 Kasus Baru, Berikut Rinciannya

Masyarakat bukan sebagai obyek yang dibangun, tetapi sebagai subyek dari pembangunan itu sendiri.

"DPRD menilai, dalam kegiatan pembangunan, partisipasi masyarakat merupakan perwujudan dari kesadaran dan kepedulian serta tanggungjawab. Bertujuan untuk memperbaiki mutu-hidup mereka," kata Werton.

Secara yuridis, lanjut dia, pembangunan berbasis pemberdayaan masyarakat di kelurahan merupakan aktualisasi PP nomor 45 tahun 2017 tentang partisipasi masyarakat dalam penyelenggaraan pemerintahan daerah dan Permendagri no 130 tahun 2018 tentang kegiatan sarana prasarana dan pemberdayaan masyarakat di kelurahan.

"Potensi sumber daya yang ada di masyarakat sangatlah besar," tuturnya.

Ia menambahkan untuk itu perlu dikelola dan diberdayakan seluruh potensi yang ada di masyarakat, baik berupa potensi pikiran, tenaga, dan juga finansial. Dalam mendukung dan mensukseskan proses pembangunan di Batam(TRIBUNBATAM.id/Roma Uly Sianturi)

*Baca juga Berita Tribun Batam lainnya di Google

Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved