Breaking News:

IDUL ADHA

BESOK Umat Muslim Rayakan Idul Adha, Walikota Batam Ingatkan Aturan Shalat Ied di Rumah

Wali Kota Batam, Muhammad Rudi, menegaskan salat Idul Adha besok, tidak dilakukan di masjid atau pun lapangan tapi dilakukan di rumah masing-masing.

Penulis: Hening Sekar Utami | Editor: Tri Indaryani
TRIBUNBATAM.id/ROMA ULY SIANTURI
Wali Kota Batam, Muhammad Rudi, menegaskan salat Idul Adha besok, tidak dilakukan di masjid atau pun lapangan tapi dilakukan di rumah masing-masing. 

BATAM, TRIBUNBATAM.id - Menjelang hari raya Idul Adha 1442 Hijriah yakni bertepatan tanggal 20 Juli 2021, Wali Kota Batam, Muhammad Rudi, menegaskan bahwa ibadah shalat Ied tidak dilakukan di masjid atau pun lapangan.

Berkenaan dengan masih diberlakukannya Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat, maka ibadah shalat Ied berjamaah hanya boleh dijalankan di rumah masing-masing.

"Shalat Ied tetap di rumah saja, sembelih hewan kurban boleh di tempat masing-masing dengan protokol kesehatan," ujar Rudi, Minggu (18/7/2021).

Menurutnya, aturan ini sudah tertulis dalam SE Menteri Agama Nomor 17 Tahun 2021 tentang Peniadaan Sementara Peribadatan di Tempat Ibadah, Malam Takbiran, Shalat Idul Adha dan Petunjuk Teknis Pelaksanaan Qurban Tahun 1442 H/2021 M di Wilayah PPKM Darurat.

Baca juga: Sempat Over Kapasitas, Jumlah Pasien Covid RSKI Galang Batam Berkurang Setelah Pulangkan 31 Orang

Dalam hal pengawasan, pihaknya akan menerjunkan personil dari tim terpadu Satgas Covid-19 Kota Batam untuk mengawasi jalannya pelaksanaan kurban di tempat-tempat ibadah dan tempat penyembelihan.

"Syarat panitianya sudah diatur, banyak sekali, yang jelas harus bebas dari Covid-19," ujar Rudi.

Rudi pun mengimbau agar masyarakat mematuhi peraturan yang ada dengan tidak datang ke lokasi penyembelihan, apabila tidak berkepentingan.

Hal ini guna mencegah adanya kerumunan selama pelaksanaan kurban berlangsung.

"Panitia yang nanti akan mengantar ke rumah-rumah, bukan warga mengambil sendiri," tegas Rudi. (TRIBUNBATAM.id/Hening Sekar Utami)

*Baca juga Berita Tribun Batam lainnya di Google

Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved