Breaking News:

TANJUNGPINANG TERKINI

Pelabuhan Sri Bintan Pura Tanjungpinang Hanya Layani 2 Tujuan Sejak PPKM Darurat

KSOP Tanjungpinang menyebut, jumlah pelayaran di Pelabuhan Sri Bintan Pura Tanjungpinang menurun sejak ada PPKM Darurat. Hanya 2 tujuan dilayani

Penulis: Muhammad ilham | Editor: Dewi Haryati
tribunbatam.id/Muhammad Ilham
Pelabuhan Sri Bintan Pura Tanjungpinang Hanya Layani 2 Tujuan Sejak PPKM Darurat. Foto Seksi Keselamatan Berlayar (Kesbel) KSOP Tanjungpinang, A. Martawilaya saat dikonfirmasi di Pelabuhan Sri Bintan Pura, Kamis (22/7/2021) 

TANJUNGPINANG, TRIBUNBATAM.id - Sejak ditetapkannya Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat atau PPKM Darurat di Tanjungpinang sejak 12 Juli 2021 lalu, Pelabuhan Sri Bintan Pura tetap beroperasi.

Namun hanya melayani pelaku perjalanan dalam negeri (PPDN) jalur laut ke dua daerah di Kepri.

Seksi Keselamatan Berlayar (Kesbel) KSOP Tanjungpinang, A Martawilaya menjelaskan, dua tujuan itu yakni Batam dan Tanjungbalai Karimun.

"Sejak PPKM Darurat itu, untuk kapal yang berangkat hanya tujuan Batam dan Tanjungbalai Karimun," kata pria yang sering disapa Yeyen kepada Tribunbatam.id, di Pelabuhan Sri Bintan Pura, Kamis (22/7/2021).

Sementara tujuan ke Tanjung Batu, Daek, Lingga, Senayang dan lainnya, tidak ada kapal.

Baca juga: PPKM Level 4 di Tanjungpinang - Ada Pengalihan Arus dan Penutupan Jalan, Ini Kata Kapolres

Baca juga: Warga Pilih Putar Balik, Ada Penutupan Jalan di Simpang Melayu Kota Piring Tanjungpinang

"Untuk tujuan ke Tanjungbalai Karimun hanya menggunakan speed boat bukan Dumai Expres. Untuk kapal Dumai Expres tujuan Tanjungpinang ke Tanjung Balai Karimun atau sebaliknya sejak diterapkan PPKM Darurat mereka belum jalan," jelasnya.

Menurutnya, ketiadaan kapal menuju sejumlah wilayah di Kepri dari Pelabuhan Sri Bintan Pura Tanjungpinang itu diakibatkan tidak ada atau kurangnya penumpang. Sehingga apabila dipaksakan untuk berlayar maka pihak kapal akan mengalami kerugian.

Di samping itu, jadwal keberangkatan kapal menuju dua daerah tersebut juga berubah signifikan.

Saat ini kapal dari Pelabuhan Sri Bintan Pura tujuan Batam hanya beroperasi 3 kali dalam sehari. Sebelumnya setiap jam ada keberangkatan, yaitu pukul 10.30 WIB, 14.00 WIB dan 17.30 WIB.

Sementara untuk tujuan ke Tanjungbalai Karimun, sebelum tanggal 21 Juli kapal berangkat dua kali dalam sehari. Yaitu pukul 07.00 WIB dan 13.00 WIB, namun sejak tanggal 21 Juli keberangkatan kapal ke Tanjung Balai Karimun hanya pukul 13.00 WIB.

Selain jadwal keberangkatan yang berubah, lanjut Yeyen kapasitas penumpang di kapal hanya maksimal 60 persen dari kapasitas yang ada.

"Sekarang ini kapal hanya diberikan 60 persen kapasitas untuk penumpang, karena harus diterapkan distancing. Meskipun hanya 60 persen batasnya untuk saat ini penumpang berangkat menggunakan kapal ke Batam paling banyak 40 atau 50 orang, jadi sekarang ini penumpang turun drastis," pungkasnya.

(Tribunbatam.id/Muhammad Ilham)

Baca juga Berita Tribun Batam lainnya di Google

Berita Tentang Tanjungpinang

Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved