Breaking News:

Kengerian Covid-19 Belum Berakhir Kasus Jamur Hitam Mematikan Serang Negeri Anak Benua

Covid-19 bukan satu-satunya yang membuat India babak belur dan berjuang keluar dari krisis kesehatan hebat saat jamur hitam kini kasusnya meningkat

Editor: Irfan Azmi Silalahi
Shutterstock/stockpexel
Seseorang yang mengidap mukormikosis. Seorang pria di India terinfeksi mukormikosis yang disebabkan jamur hitam, penyakit yang menyerang daerah mata dan muncul dengan kasus sangat banyak berbarengan dengan lonjakan Covid-19 

TRIBUNBATAM.id - Covid-19 bukan satu-satunya yang membuat India babak belur dan berjuang keluar dari krisis kesehatan hebat.

Masih tersisa puing-puing kengerian serangan Covid-19 di sana, Negeri Anak Benua kini berjuang lagi melawan epidemi baru.

Kasus jamur hitam datang nyaris bersamaan dengan Covid-19, dengan tingkat kematian di atas 50 persen.

Pemerintah India menyatakan jamur hitam sebagai epidemi pada Mei 2021, ketika kasus-kasus melonjak dan media sosial dibanjiri bantuan meminta obat-obatan untuk mengobatinya.

Data pemerintah yang diajukan pada Selasa menunjukkan, jumlah infeksi memuncak selama Mei dan Juni lalu sejak itu menurun secara substansial.

Namun surat kabar Hindustan Times pada Senin (19/7/2021) melaporkan, terjadi peningkatan kasus di kalangan anak-anak negara bagian Rajasthan.

COVID INDIA - Puluhan Mayat Terdampar di Sungai Gangga, Diduga Korban Covid-19 India yang Dibuang
COVID INDIA - Puluhan Mayat Terdampar di Sungai Gangga, Diduga Korban Covid-19 India yang Dibuang (ISTIMEWA)

Pada Selasa (20/7/2021), Kementerian Kesehatan India mencatat lebih dari 45.000 kasus jamur hitam mematikan terjadi selama dua bulan terakhir.

Menkes Junior India, Bharati Pravin Pawar, mengatakan kepada parlemen bahwa lebih dari 4.200 orang telah meninggal karena jamur dengan nama ilmiah mucormycosis tersebut.

Infeksi ini sebelumnya dianggap sangat jarang tetapi kasusnya membengkak selama pandemi virus corona, dan biasanya menyerang pasien setelah sembuh dari Covid-19.

Baca juga: Sederet Mitos Jamur Hitam yang Intai Penderita Covid-19 India, Ternyata Ini Sumbernya

Jamur hitam adalah penyakit yang sangat agresif.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved