Breaking News:

CORONA KEPRI

Pasien Berobat di Puskesmas dan RSUD Natuna Menurun Selama Pandemi Covid-19

Plt Kadinkes Natuna Hikmat Aliansyah menyebut, jumlah pasien berobat ke puskesmas dan RSUD menurun karena kekhawatiran masyarakat terkait covid-19

Penulis: Kontributor Natuna | Editor: Dewi Haryati
tribunbatam.id/Wina
Pasien Berobat di Puskesmas dan RSUD Natuna Menurun Selama Pandemi Covid-19. Foto tampak depan RSUD Natuna, Jumat (23/7/2021) 

Laporan Kontributor TribunBatam.id di Natuna, Wina

NATUNA, TRIBUNBATAM.id - Angka pasien yang datang berobat ke Pusat pelayanan Kesehatan Masyarakat (Puskesmas ) dan Rumah Sakit umum Daerah (RSUD) Natuna mengalami penurunan selama Pandemi covid-19.

Penurunan ini disebabkan masyarakat takut dengan penyebaran covid-19 yang semakin mengkhawatirkan. Selain itu karena takut diswab.

Pasalnya di kalangan masyarakat saat ini beredar rumor yang mengatakan, setiap berobat ke Puskesmas atau RSUD pasti akan diswab dan dikatakan Covid-19.

Hal itu juga dibenarkan oleh Plt. Kepala Dinas Kesehatan Natuna, Hikmat Aliansyah. Menurut Hikmat, jumlah pasien yang berobat mengalami penurunan dikarenakan kekhawatiran masyarakat terhadap Covid-19.

"Terjadi penurunan angka pasien berobat ke RSUD dan puskesmas karena takut diperiksa lalu positif covid," ujar Hikmat di Ranai, Jumat (23/7/2021).

Baca juga: PPKM Level IV Batam - Jumlah Kasus Baru Covid-19 di Batam Tambah 308 Orang

Baca juga: Gubernur Kepri Sembuh dari Covid-19, Hari Ini Hadiri Vaksinasi Massal di Batam

Hal senada juga diakui oleh Kepala Puskesmas Ranai, Nazri. Menurut Nazri kebanyakan pasien yang datang berobat saat ini adalah pasen berobat rutin seperti cek darah untuk diabetes, kolesterol, hipertensi dan asam urat. Selebihnya adalah pemeriksaan ibu hamil.

"Menurun jauh, mungkin karena khawatir covid," kata Nazri.

Dari pantauan di RSUD Natuna, memang terlihat bangku di ruang tunggu banyak yang kosong. Kebanyakan pasien rawat jalan yang datang berobat ke RSUD untuk Poli Psioterapi, Poli Gigi, Kebidanan dan penyakit dalam.

DPRD Dukung Dinkes Tingkatkan Kesehatan Masyarakat

Halaman
123
Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved