Breaking News:

Pemkab Anambas Hibahkan Lahan 0,5 Ha ke Basarnas

Selama ini Anambas belum memiliki Kantor Pos SAR yang layak. Itu pula yang menjadi pertimbangan Pemkab untuk menggesa pembangunan kantor Pos SAR

Penulis: Rahma Tika | Editor: Dewi Haryati
tribunbatam.id/Rahma Tika
Pemkab Anambas Hibahkan Lahan 0,5 Ha ke Basarnas. Foto Wakil Bupati Anambas Wan Zuhendra dan sejumlah pejabat dari instansi vertikal lainnya foto bersama di sela-sela kegiatan koordinasi dan Latihan SAR Daerah di gedung BPMS, Kecamatan Siantan, Anambas, Selasa (27/7/2021) 

ANAMBAS, TRIBUNBATAM.id - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepulauan Anambas menghibahkan lahan seluas setengah hektare untuk pembangunan Kantor Pos SAR di Kepulauan Anambas.

Selama ini Anambas belum memiliki Kantor Pos SAR yang layak. Karena itu pula Pemerintah Daerah bersama Basarnas Natuna menggesa pembangunan Kantor Pos SAR di Anambas.

Lokasi pembangunannya nanti tidak jauh dari Kantor Bupati Anambas dan Mako Polres Anambas. Persisnya di bawah Mako Polres Anambas.

Wakil Bupati Anambas, Wan Zuhendra menilai lokasi ini strategis untuk mendirikan Kantor Pos SAR yang letaknya di sekitar laut.

Ia mengatakan, Pemerintah Daerah dalam hal ini merekomendasikan lahan yang strategis dan representatif untuk Basarnas dalam menjalankan tugas dan fungsinya. Menurutnya itu menjadi daya dukung yang baik bagi Anambas.

"Karena memang potensi Anambas ini adalah laut. Seperti potensi pariwisata dan kelautan yang perlu sekali dikembangkan. Itu yang saya sampaikan dengan keberadaan Basarnas secara struktural mungkin fungsinya di sini lengkap," ucap Wan Zuhendra, pada Selasa (27/7/2021).

"Itu akan memberikan kepercayaan bagi pemerintah daerah dan pastinya kepada masyarakat," sambungnya.

Sejauh ini memang personel Basarnas di Anambas masih minim, hanya ada 4 personel. Meskipun begitu, Wan menilai potensi SAR di Anambas sangat banyak, seperti TNI dan Polri, kelembagaan kemasyarakatan lainnya, dan ada juga BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) Anambas.

"Penting sekali kita lakukan koordinasi dengan Basarnas untuk meningkatkan sinergitas dan kebersamaan kita lebih baik," terangnya.

Latihan SAR Daerah

Halaman
123
Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved