Breaking News:

Pencurian Organ Tubuh Jenazah Covid-19, Hoax Merajalela Polisi Imbau Hati-hati Pegang Gawai

isu tak sedap menimpa tenaga kesehatan (nakes) di beberapa daerah di saat berjuang menangani pasien Covid-19 dengan munculkan hoak organ pasien dicuri

Editor: Irfan Azmi Silalahi
Kompas.com/Garry Lotulung
Caption - Foto Ilustrasi Pemakaman Jenazah Covid-19 - DI Boyalali. Pencurian Organ Tubuh Jenazah Covid-19, Hoax Merajalela Polisi Imbau Hati-hati Pegang Gawai 

TRIBUNBATAM.id - Isu tak sedap menimpa tenaga kesehatan (nakes) di beberapa daerah, di saat berjuang menangani pasien Covid-19.

Entah dari mana dan sejak kapal, muncul informasi dugaan rumah sakit mengambil organ tubuh jenazah pasien Covid-19, hingga tak boleh dilihat keluarga.

Informasi yang belum terbukti benar ini lantas liar, salah satunya terjadi di Jawa Timur, yang membuat nakes dan keluarga jenazah ribut di RSUD dr Gunawan Mangunkusumo, Ambarawa, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah.

Peristiwa pada Jumat (23/7/2021) itu mengakibatkan dua nakes yang bertugas di RS tersebut terluka di bagian jari akibat tersayat gunting.

Gunting ditusukkan oleh keluarga pasien yang menolak pasien dikubur secara prokes.

Dilansir Kompas.com dari Kompas.id, peristiwa awalnya bermula di depan ruang isolasi Anyelir RSUD dr Gunawan Mangunkusumo, Jumat 23/7/2021 pukul 14.30 WIB.

Pasien berinisial NH hendak dimakamkan dengan protokol Covid-19, tapi adiknya, AN (30) tidak terima.

RSKI COVID-19 GALANG - Tenaga kesehatan di RSKI Covid-19 Galang. Rumah sakit rujukan penanganan covid ini memulangkan 20 pasien sembuh corona.
RSKI COVID-19 GALANG - Tenaga kesehatan di RSKI Covid-19 Galang. Rumah sakit rujukan penanganan covid ini memulangkan 20 pasien sembuh corona. (TribunBatam.id/Bereslumbantobing)

Keluarga inti NH yaitu suaminya sudah menerima prosedur pemulasaran itu.

AN ingin mellihat langsung jenazah NH, yang kemudian menyebabkan ia cekcok dengan petugas keamanan.

Ia mengambil gunting di ruangan tersebut dan memukul-mukulkannya di meja dan mengarahkannya ke petugas keamanan.

Halaman
1234
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved