Breaking News:

Arab Saudi Beri Denda Rp1,9 Miliar pada Pendatang dari Negara Daftar Merah, Termasuk Indonesia

Sanksi denda itu diberlakukan karena melanggar aturan tentang pencegahan pandemik virus Corona.

Arab News
Ilustrasi. Petugas medis Arab Saudi di bandara Jeddah menunggu kelompok jemaah haji kloter pertama 

TRIBUNBATAM.id, RIYADH - Negara Arab Saudi siap menindak tegas pendatang internasional  dari negara angka infeksi Covid-19 yang tinggi, termasuk Indonesia.

Tak main-main, sanksi denda 500 ribu riyal  akan dikenakan kepada mereka yang nekat datang dari negara daftar merah itu.

Hal ini ditegaskan Kantor Jaksa Penuntut Umum Arab Saudi.

Disebutkan, sanksi denda itu diberlakukan karena melanggar aturan tentang pencegahan pandemik virus Corona.

Dikutip dari Saudi Gazette, Kantor kejaksaan juga menambahkan, hukuman yang sama juga akan diterapkan pada mereka yang bertanggung jawab atas alat transportasi.

Baca juga: Jemaah Umrah Kena Biaya Tambahan Rp 10 Juta Bila Ketentuan Karantina 14 Hari Diberlakukan

Penuntut Umum menegaskan bahwa para pengunjung yang datang ke Kerajaan dengan penerbangan internasional dan mereka yang bertanggung jawab atas transportasi dan

operator perjalanan melalui pelabuhan masuk harus mengungkapkan apakah mereka melakukan kunjungan ke salah satu negara yang terkena dampak wabah virus corona atau strain yang bermutasi.

“Jika mereka gagal untuk mengungkapkan ini, tindakan hukuman berat akan diambil terhadap mereka,” sebut kantor kejaksaan.

Dikatakannya, pelanggar akan dihukum dengan denda hingga setengah juta riyal, dan pelanggar, operator atau pemilik alat pengangkut, menanggung kerugian akibat pelanggaran tersebut.

Jika pelanggaran disertai dengan tindak pidana, kata jaksa penuntut umum, kasus terhadap pelaku akan dirujuk ke Penuntut Umum sebelum mengajukan kasus ke pengadilan yang berwenang.

Halaman
12
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved