Breaking News:

KEPRI TERKINI

Peringatan HUT ke-76 RI, Pemprov Kepri Imbau Pasang Bendera Merah Putih 1-31 Agustus

Jelang HUT ke-76 RI, masyarakat Kepri diimbau memasang bendera Merah Putih dari tanggal 1-31 Agustus 2021 atau sebulan penuh

Penulis: Endra Kaputra | Editor: Dewi Haryati
tribunbatam.id/Endra Kaputra
Peringatan HUT ke-76 RI, Pemprov Kepri Imbau Pasang Bendera Merah Putih 1-31 Agustus. Foto Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Kepri, Lamidi 

TANJUNGPINANG, TRIBUNBATAM.id - Rangkaian peringatan HUT ke-76 Republik Indonesia tahun 2021 di Kepri akan tetap dilaksanan. Namun dengan menerapkan protokol kesehatan (prokes) yang ketat.

Hal ini disampaikan Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Kepri, Lamidi. Dasarnya sesuai dengan Surat Menteri Sekretaris Negara Republik Indonesia Nomor : B-446/M/S/TU.00.04/06/2021 tanggal 16 Juni 2021 perihal Penyampaian Tema dan Logo Peringatan HUT RI Ke-76 Kemerdekaan Republik Indonesia Tahun 2021 dan surat Menteri Sekretaris Negara Republik Indonesia Nomor : B-564/M/S/TU.00.04/06/2021 Tanggal 24 Juni 2021 Perihal Pedoman Peringatan HUT RI Ke-76 Kemerdekaan Republik Indonesia Tahun 2021. Kemudian disusul dengan surat edaran Gubernur Kepri.

"Bagaimanapun juga HUT RI ini merupakan momen paling bersejarah bagi bangsa Indonesia yang wajib diperingati. Namun dalam kondisi pandemi seperti ini, tentu perayaannya menyesuaikan berdasarkan prokes," kata Lamidi, Selasa (2/8/2021).

Untuk memeriahkan dan tetap menjaga ruh dari kemerdekaan, seluruh masyarakat, seluruh lembaga pemerintahan dan kantor-kantor swasta diimbau untuk mengibarkan Bendera Merah Putih selama satu bulan penuh, yakni dari 1 Agustus sampai dengan 31 Agustus.

"Tidak hanya bendera. Tapi setiap rumah, toko, rumah toko, kantor, gedung atau bangunan diimbau untuk memasang umbul-umbul atau spanduk. Hal ini demi tetap menjaga suasana kemeriahan HUT RI tahun ini yang sedang dilanda pandemi," ujar Lamidi lagi.

Baca juga: Jelang HUT ke-76 RI, Walikota Batam Wajibkan Warga Pasang Bendera

Selain itu, masyarakat juga diimbau untuk mendengarkan pidato kenegaraan Presiden RI pada tanggal 17 Agustus 2021 melalui berbagai media informasi yang menyiarkan, terutama media elektronik.

Berdasarkan amanat surat edaran, setiap instansi/Kesatuan melaksanakan Upacara Bendera Peringatan HUT ke-76 Kemerdekaan RI Tahun 2021 pada tanggal 17 Agustus 2021 secara tertib dan khidmat serta dengan menerapkan prokes yang ketat.

"Semangat Kemerdekaan harus kita jaga, dan dengan cara inilah kita menghargai perjuangan para pahlawan. Namun demikian,
kesehatan masyarakat, terutama generasi muda harus dijaga, agar kemerdekaan yang sudah diraih bisa tetap dijaga dan diisi dengan pembangunan dari piliran-pikiran sehat dan brilian," tegasnya.

Untuk menyukseskan rangkaian kegiatan persiapan HUT ke-76 RI, rapat awal persiapan sudah dilakukan.

Kemudian terbitnya Surat Edaran Gubernur perihal Penyampaian Tema dan Logo Peringatan HUT Ke-76 Kemerdekaan Republik Indonesia Tahun 2021 yang akan diedarkan kepada Bupati/Walikota dan jajaran instansi vertikal dan masyarakat terkait Pemasangan Bendera Merah Putih dan Umbul-Umbul di kantor pemerintah, instansi vertikal, BUMN/D, sekolah dan di setiap rumah masyarakat di Provinsi Kepri dengan LOGO ' 76 TH" dan Tema 'INDONESIA TANGGUH INDONESIA TUMBUH'.

Selanjutnya, dikeluarkannya SK Gubernur tentang Panita Pelaksana.

"Persiapan ini kita matangkan terus. Kita koordinasi dengan seluruh FKPD dab OPD yang terlibat. Karena setiap kegiatan memang sudah ada penanggungjawabnya masing-masing," tutup Lamidi.

(Tribunbatam.id/endrakaputra)

Baca juga Berita Tribun Batam lainnya di Google

Berita Tentang Kepri

Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved